Berita

40 Peserta Bakal Bertarung di Pilkades Serentak Kota Sawahlunto

68
×

40 Peserta Bakal Bertarung di Pilkades Serentak Kota Sawahlunto

Sebarkan artikel ini
ilustrasi pilkades serentak
Ilustrasi. (ayobogor)

MJNews.id – Sebanyak 40 bakal calon kepala desa di Sawahlunto ikut meramaikan Pilkades Serentak 2021 pada 16 Maret 2021 mendatang di delapan desa.

“Sesuai jadwal, calon kepala desa yang ikut pilkades akan ditetapkan 26 Februari mendatang,” kata Kepala Bidang  Pemberdayaan Desa pada Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat, Desa, Perlindungan Perempuan Anak (Dinsos PMD PPA) Sawahlunto, Irma Mulyadi, Senin (15/2/2021). 

Dikatakannya, dari 40 bakal calon kepala desa (balon kades) yang mendaftar nanti akan diproses secara administrasi. Bagi desa yang bakal calon kades lebih dari lima orang berlanjut tes psikologi. Ada dua desa yang bakal calon mendaftar lebih dari lima orang. 

Dikemukakan Kabid Pemberdayaan Desa, Balon kades Muarokalaban 12 orang dan Talawi Mudik 7 orang. Balon kades lainnya, Desa Talago Gunung 5 orang, Bukik Gadang 3 orang, Rantih 3 orang, Sijantang Koto 2 orang, Kolok Mudik 4 orang dan Desa Data Mansiang 4 orang. 

“Bakal calon kades yang lebih dari lima orang di suatu desa dilakukan tes psikologi. Gunanya untuk menyisihkan balon menjadi 5 orang calon yang nanti dipilih warga desa setempat,” ujar Irma.  

Lebih jauh dikemukakannya,  sebagian besar mantan kades kembali ikut dalam Pilkades Serentak 2021. Hanya mantan kades Sijantang Koto dan Bukik Gadang di Kecamatan Talawi yang tak lagi ikut di pilkades serentak tahun ini.

(arm/rfd)

Kami Hadir di Google News