Berita

Andri Warman – Irwan Fikri Dilantik Jadi Bupati dan Wabup Agam

81
×

Andri Warman – Irwan Fikri Dilantik Jadi Bupati dan Wabup Agam

Sebarkan artikel ini
Andri Warman dan Irwan Fikri
Andri Warman dan Irwan Fikri.

MJNews.id – Gubernur Sumbar, Mahyeldi Ansharullah melantik Andri Warman-Irwan Fikri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Agam periode 2021-2024, di Auditorium Gubernuran, Jum’at (26/2/2021). Saat bersamaan juga dilantik 10 pasang kepala daerah lainnya, dan minta segera ‘berlari kencang’ guna memajukan daerah masing-masing.

Pelantikan dilaksanakan secara terbatas, dengan menerapkan protokol kesehatan ekstra ketat dan mendapat pengawalan khusus dari pihak Polri.

Mahyeldi yang juga baru saja dilantik sebagai Gubernur Sumbar oleh Presiden RI di Istana Negara, mengharapkan agar kepala daerah yang dilantik agar dapat melaksanakan amanah ini dengan baik. Semuanya, demi kemajuan kabupaten dan kota masing-masing dan Provinsi Sumbar tentunya, di masa mendatang.

“Kita juga bersyukur karena telah melalui dan melaksanakan pemilihan kepala daerah serentak 2020 dengan aman, damai dan demokratis,” katanya.

Kata Gubernur Mahyeldi, bupati dan walikota pun tetap harus berpedoman dan mengacu kepada visi dan misi gubernur, agar terjadi sinkronisasi dan harmonisasi dari daerah hingga provinsi, dan sampai ke pusat. “Jabarkan dan implementasikan sesuai konteks dan kondisi daerah,” katanya.

Yang jelas, diminta kepala daerah segera  ‘berlari kencang’, untuk membangun bangun daerah masing-masing. Tunaikan janji kampanye. Termasuk dalam  menyelesaikan RPJMD sesuai visi misi pada waktu kampanye lalu.

Bupati Agam Andri Warman mengucapkan terimakasih kepada masyarakat Kabupaten Agam, yang telah mempercayakannya dalam melanjutkan pembangunan di daerah itu. “Insyaallah, kami siap mengabdi untuk kepentingan masyarakat,” katanya.

Sekilas Tentang Andri Warman dan Irwan Fikri

Sebelum menjadi Bupati Agam, Andriwarman, pria kelahiran 1963 itu menjabat sebagai anggota DPRD Sumbar periode 2019-2024. Namun, setahun berjalan harus mengundurkan diri, karena ia memilih untuk mengabdikan dirinya di kampung halamannya di Kabupaten Agam.

Selain itu, ia juga pernah berkarir sebagai dosen di STMT Tri Sakti dengan jabatan asisten dosen di tahun 1984-1988. Kemudian jadi dosen di STMT Tri Sakti, 1988-sekarang.

Andri Warman yang dikenal dengan sebutan AWR itu, juga merupakan sosok pendiri AWR Group, yang bergerak di bidang pariwisata, kargo, dan akomodasi.

AWR menghabiskan masa kecilnya di Surau Kamba, Kecamatan Ampek Angkek. 

Jenjang pendidikannya sangat membanggakan, di mana saat ini ia menyandang gelar doktor Program Ilmu Manajemen dengan Konsentrasi Manajemen SDM, yang merupakan tamatan Universitas Negeri Jakarta tahun 2020.

Berbagai organisasi telah digeluti oleh bapak lima anak ini, mulai dari Ketua DPD Partai PAN Agam periode 2015-2020, Bendahara MUI Kabupaten Agam periode 2018-2020, Ketua Gebu Minang Kabupaten Agam, Ketua Yayasan Istiqamah dan Ketua Yayasan H. Jalaludin pada 2019 sampai sekarang.

Pada Pilkada 2020, Andri Warman maju sebagai Bupati Agam dan memilih Irwan Fikri sebagai wakilnya. Berkat tekad dan niat untuk memimpin Agam, pasangan yang berjulukan AWR-IF ini memperoleh suara terbanyak di Pilkada serentak lalu.

Sementara, Irwan Fikri  juga tidak asing lagi bagi masyarakat Agam, karena ia merupakan sosok mantan wakil bupati di luhak Agam yang saat itu mendampingi Indra Catri sebagai bupati di periode pertamanya.

Pria kelahiran Maninjau pada 1968 ini, menghabiskan masa kecilnya di Padang mulai dari mengenyam pendidikan tingkatan SD sampai perguruan tinggi dengan pendidikan terakhir sarjana hukum di Unand Padang tahun 1994.

Bahkan ia juga berkarir di Kota Padang, dengan sederetan organisasi. Irwan pernah menjadi Sekretaris DPC Pemuda Pancasila Padang tahun 2000-2004, Wakil Ketua KNPI Padang (2002-2005), Sekretaris Ikatan Pedagang Kecil Kaki Lima Padang (2000-2004), Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Sumbar (2018-sekarang).

Sementara itu, pekerjaan yang telah diikuti seperti karyawan PT. Up Jonh Indonesia (1994-1995), karyawan PT. Merck Indonesia (1995-2002), Wakil Direktur CV Ratu (2000-2009), Operasional Manager PT Sinar Mitra Agung (2006-2009).

Kemudian Direktur CV. Aditya Multi Teknindo (2017- sekarang), Wakil Bupati Agam (2013-2015), Direktur CV Nadia Tunggal Mandiri (2017-sekarang) dan anggota DPRD Kota Padang (2009-2013).

(*/edy)

Kami Hadir di Google News