Berita

Seorang Pedagang Obat Herbal di Agam Diamankan Tim Densus 88

95
×

Seorang Pedagang Obat Herbal di Agam Diamankan Tim Densus 88

Sebarkan artikel ini
Densus 88
Ilustrasi. Tim Densus 88 Mabel Polri.

MJNews.id – Tim Densus 88 Mabes Polri kembali mengamankan seorang pria yang diduga terlibat jaringan teroris. Kali ini yang diamankan MHM (45), warga Jambu Air Nagari IV Suku, Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam, Rabu 24 Maret 2021.

Walinagari Taluak IV Suku, Risman yang dihubungi membenarkan ada warganya yang berinisial MHM diamankan petugas kepolisian yang mengaku dari Mabes Polri. Penangkapan yang dilakukan sekitar pukul 05.30 WIB.

Namun pihaknya beru mendapatkan informasi sekitar pukul 07.00 WIB dari istri MHM yang menemuinya untuk meminta pendapat. “Waktu itu istri MHM berinisial DG datang menemuinya dan memberitahukan bahwa suaminya dibawa petugas, ia meminta pendapatnya apa yang harus dilakukan,” ujar Risman.

Berselang dua jam kemudian ia juga ditadangi dua petugas berpakaian sipil dan mengaku dari Mabes Polri. Kedatangan petugas itu untuk memintanya menyaksikan penggeledahan di rumah MHM. Namun petugas tersebut tidak memberitahukan terkait kasus apa dilakukan penggeledahan.

Penggeledahan itu berlangsung dari pukul 09.00-10.00 WIB. “Dari pengeledahan itu petugas mengamankan buku rekening, sejumlah dokomen dan laptop,” ujar Risman.

Terkait aktivitas sehari-hari, MHM menurut Risman sebagai pedagang obat herbal di Bukittinggi. “Namun kepribadian yang bersangkutan selama ini cukup baik, dan rutin shalat berjamaah di Masjid Alfalah Jambu Air,” ujarnya.

Sementara dari Jakarta dilaporkan, Densus 88 Antiteror Polri terus melakukan penangkapan terhadap terduga teroris jaringan Jamaah Islamiyah (JI). Total, sejak Februari 2021 hingga hari ini, sudah ada 49 terduga teroris yang ditangkap.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengungkapkan, pada Februari lalu, Densus 88 telah menangkap 22 terduga teroris di Jatim. Kemudian, dari hasil pengembangan, Densus 88 kembali menangkap 2 terduga teroris di Jakarta.

“Sejak akhir Februari sampai awal Maret, Densus telah amankan 22 terduga terorisme di Jawa Timur. Kemudian dikembangkan lagi di Jakarta, Sumatera Barat, dan Sumatera Utara. Dari Jakarta, kita ketahui bersama kegiatan tanggal 19 Maret, 2 terduga diamankan,” ujar Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono dalam jumpa pers di Mabes Polri, Rabu 24 Maret 2021.

Sementara di Sumatera Barat (Sumbar), Densus 88 menangkap 6 terduga teroris. Kemudian, lanjut Rusdi, 14 terduga teroris ditangkap di Sumatera Utara (Sumut). “Kemudian di Sumbar itu ada 6, kemudian di Sumut itu ada 14. Kemudian tetap dikembangkan dan informasi terakhir untuk Sumut sampai hari ini diamankan lagi 4 terduga terorisme. Jadi seluruhnya di Sumut berjumlah 18,” katanya.

Rusdi mengatakan penangkapan itu kemudian terus dikembangkan. Hasilnya, Densus 88 kembali menangkap lagi 4 terduga teroris di Sumut. Kemudian yang terbaru, lanjutnya, 1 terduga teroris ditangkap di Tangerang.

“Kemudian dikembangkan lagi tadi pagi di Tangerang. Itu 1 terduga terorisme pukul 07.15 WIB telah diamankan. Atas nama AM berumur 54 tahun.

(*/edy)

Kami Hadir di Google News