Berita

Kader PKK Agam Dilatih Olah Hasil Perikanan

83
×

Kader PKK Agam Dilatih Olah Hasil Perikanan

Sebarkan artikel ini
Kader PKK Agam Dilatih Olah Hasil Perikanan
Kader PKK Agam Dilatih Olah Hasil Perikanan.

AGAM, MJNews.ID – Kader PKK Kabupaten Agam mengikuti pelatihan pengolahan hasil kelautan dan perikanan yang dilaksanakan Dinas Perikanan dan Ketahanan Pangan Kabupaten Agam, Kamis 24 Juni 2021.
Ketua Pokja III TP-PKK Kabupaten Agam, Ny. Weli Santi kepada AMC mengatakan, kegiatan itu dalam rangka peningkatan kapasitas masyarakat dan pelaku usaha mengolah hasil perikanan terutama diversifikasi pangan olahan ikan.
“Alhamdulillah, kita PKK juga dilibatkan dalam pelatihan ini. Ilmu ini nantinya juga akan disosialisasikan kepada masyarakat terutama kader PKK,” ujar Ny. Weli.
Ia menyebutkan, dalam pelatihan itu, ia bersama beberapa anggota Pokja III PKK lainnya diberikan pengetahuan dan pengalaman terhadap berbagai macam menu makanan yang dapat diubah menjadi makanan yang memiliki nilai tambah dan berdaya saing produk-produk olahan ikan lainnya.
Salah satu program PKK yang paralel dengan pemerintah ialah, Gemarikan (Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan). Program nasional yang dicanangkan Kementerian Kelautan dan Perikanan itu bertujuan mengkampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini karena banyaknya kandungan gizi yang terdapat pada ikan yang sangat penting untuk pertumbuhan dan kecerdasan otak.
Gemarikan ini bisa dimulai dari keluarga, dimana pola makan keluarga dibiasakan memakan bahan dasar ikan-ikanan atau sayuran.
Anak-anak zaman sekarang, tambahnya, lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji berbahan dasar non ikan. Guna mensiasati hal tersebut, Pemerintah Kabupaten Agam mengadakan kegiatan itu.
Ia juga mengajak ibu-ibu rumah tangga untuk memaksimalkan halaman atau pekarangan rumah masing-masing untuk menanam sayuran atau tanaman produktif lainnya. Misalnya, menanam cabai sehingga anggaran belanja kebutuhan dapur berkurang.
(mil)

Kami Hadir di Google News