Berita

Empat Ruko di Dharmasraya Ludes Terbakar

95
×

Empat Ruko di Dharmasraya Ludes Terbakar

Sebarkan artikel ini
Empat Ruko di Dharmasraya Ludes Terbakar
Puing sisa kebakaran yang meludeskan empat ruko di Simpang 4 Gunung Medan, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya, Kamis (14/5/2020). (ist)

mjnews.id – Pagi itu cuaca sedikit mendung, hening, sejuk dan bersahabat. Kemudian seketika berubah menjadi hiruk-pikuk oleh teriakan histeris warga Jorong Gunung Koto, Simpang Empat Gunung Medan, Nagari Gunung Medan, Kecamatan Sitiung. Pasalnya, empat unit rumah toko (ruko) di wilayah setempat ludes dilalap kobaran api, Kamis (14/5/2020) sekira pukul 08.15 WIB.

Empat unit ruko tersebut masing-masing milik Sahrul (50), Zalsrin Aripin (32) dan Saipul Amin (30). Tiga unit Mobil Pemadam Kebakaran milik Dinas Satpol PP dan Damkar Dharmasraya, serta Satu unit water cannon milik Polres Dharmasraya dikerahkan untuk menjinakkan kobaran api. Kerugian ditaksir mencapai Rp1,2 miliar.

Plt Kepala Satpol PP dan Damkar Dharmasraya, Safruddin melalui Kabid Trantibum dan Damkar, Yunisman menyebutkan, kebakaran berhasil dipadamkan sekira pukul 09.00 WIB.

“Sebanyak empat unit ruko semi permanen hangus terbakar. Diduga api berasal dari kompor gas yang ada di warung bakso milik Saipul Amin (30) yang juga menjadi korban dalam peristiwa ini,” ungkap Yunisman

Pihaknya mengetahui bencana kebakaran tersebut langsung dari warga setempat.

“Mendapatkan informasi tersebut, tiga unit Damkar langsung kita kerahkan, dan satu unit water cannon Polres Dharmasraya juga ikut berjibaku memadamkan api. Sementara warga lainnya, secara bersama-sama mengevakuasi barang barang yang ada di deretan toko tersebut. Setengah jam kemudian, api berhasil dipadamkan,” terangnya.

Toko yang terbakar tersebut adalah toko grosiran milik Syahrul (50), pangkas rambut milik Zalsril Aripin (32) danwarung Bakso milik Saipul Amin (30).

Diduga api dari kompor gas milik Saipul Amin. Lantaran sebagian besar bahan bagunan ruko terbuat dari material kayu, api cepat menjalar dan membesar ke deretan ruko di sebelahnya.

“Tidak ada korban jiwa, kerugian ditaksir mencapai Rp1,2 miliar. kerugian terbanyak dialami oleh Tuan Syahrul (50) pemilik grosir disusul pemilik warung bakso dan pangkas rambut,” pungkasnya.

Sementara itu, Danramil 03 /Pulau Punjung, Mayor Caj (K) Tuti Andayani melalui Babinsa Koramil 03/PP Nagari Gunung Medan Kecamatan Sitiung, Koptu S. Yanto menyebutkan bahwa berkat kerjasama semua pihak dan masyarakat, kobaran api dapat dipadamkan dengan cepat.

“Kebakaran tidak menimbulkan kerugian yang meluas lantaran dapat diatasi oleh 3 unit Damkar dan satu unit Watercanon Polres Dharmasraya serta bantuan masyarakat setempat,” kata Babinsa Sitiung, Koptu S Yanto ini.

Sekretaris Camat Sitiung, Defri Zuhenda menyebutkan, Pemerintahan Kecamatan Sitiung telah melaporkan peristiwa tersebut kepada pimpinan.

“Secara tertulis terkait kronologis dan total perkiraan kerugian materi pada musibah kebakaran telah kita sampaikan kepada Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan, dan Wakil Bupati, H. Amrizal Dt Rajo Medan,” katanya.

Sekcam Sitiung yang akrab dipanggil adek itu menambahkan, pihak Kecamatan Sitiung telah menemui para korban sekaligus menyampaikan rasa empati dari pemerintah.

“Kita juga memberikan sedikit bantuan dana yang bersifat insidentil bagi korban kebakaran,” terangnya

Selain itu, pihak kecamatan juga telah membuat permohonan bantuan kepada bupati melalui dinsos secara tertulis untuk para korban kebakaran.

“Kita berharap para korban sabar dalam menerima bencana ini,” pungkasnya. (*/eds)

Kami Hadir di Google News