Berita

Warga Cubadak Tanah Datar Gotong Royong Bersihkan Tabek Jilatang

122
×

Warga Cubadak Tanah Datar Gotong Royong Bersihkan Tabek Jilatang

Sebarkan artikel ini
Warga Cubadak Gotong Royong Bersihkan Tabek Jilatang

Suasana gotongroyong masyakat Jorong Cubadak, Nagari Cubadak, Limakaum membersihkan Tabek Jilatang. (ist)

mjnews.id – Puluhan masyarakat Jorong Cubadak, Nagari Cubadak, Kecamatan Limakaum, Tanah Datar melaksanakan gorong royong membersihkan kolom ikan Jilatang atau biasa disebut masyarakat setempat Tabek Jilatang, Minggu (18/10/2020).

Kolam tersebut disewa pemuda jorong untuk budidaya ikan, yang hasilnya juga untuk masyarakat setempat.

Hanya saja belakangan kolam ini kurang terurus, sehingga ditumbuhi banyak rumput, lumut, bahkan terdapat ranting-ranting kayu.

Untuk itulah masyarakat setempat membersihkannya bersama-sama pada Minggu itu yang dimulai sekitar pukul 09.00 WIB. Kegiatan tersebut dimulai dengan menguras air kolam. Sembari menunggu air menyusut, masyarakat pun membersihkan rumput dan ranting-ranting pohon yang mengganggu di sekitar kolam. 

setelah bersih dan air pun sudah berkurang masyarakat melanjutkan kegiatan dengan menangkap ikan bersama. menariknya masyarakat menangkap ikan tanpa menggunakan bantuan alat apapun melainkan hanya menggunakan tangan kosong saja. kegiatan berlangsung meriah dan ditutup dengan makan bersama.

Salah seorang tokoh pemuda setempat, Hendra Peni mengatakan, masyarakat sangat antusias melakukan budidaya ikan di kolam yang cukup besar dan terdapat sumber mata air itu. Hanya saja, pihaknya terkendala dengan kurangnya bibit ikan. 

Untuk itu, pihaknya berharap kepada pemerintah daerah, dan pihak-pihak terkait lainnya untuk dapat memfasilitasi bibit ikan untuk Tabek Jilatang, yang hasilnya nanti untuk masyarakat juga.

“Pemerintah Tanah Datar, atau pihak-pihak lain yang memang peduli dengan perekonomian masyarakat, kami berharap difasilitasi untuk mendapatkan bibit ikan dengan kualitas yang baik,” katanya.

(rel)

Kami Hadir di Google News