Berita

MTQ Tingkat Kota Payakumbuh ke-32 Resmi Dibuka Wakil Walikota

97
×

MTQ Tingkat Kota Payakumbuh ke-32 Resmi Dibuka Wakil Walikota

Sebarkan artikel ini
MTQ ke 32 Tingkat Kota Payakumbuh Resmi Dibuka
Wawako Payakumbuh, Erwin Yunaz menyerahkan tropi bergilir MTQ tingkat Kota Payakumbuh kepada Camat Payakumbuh Selatan, yang menjadi tuan rumah tahun 2020 ini, usai pembukaan di Gedung Serbaguna Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, Sabtu (24/10/2020). (Ist)

mjnews.id – Di tengah pandemi Covid-19 yang masih mendera, Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXXIX tingkat Kota Payakumbuh yang berpusat di Gedung Serbaguna Aua Kuniang, Payakumbuh Selatan, resmi dibuka, Sabtu (24/10/2020). pelaksanaan MTQ ke-32 itu dilaksanakan dengan berpedoman pada protokol kesehatan.

Wakil Walikota Payakumuh Erwin Yunaz, secara resmi melantik dewan hakim dan membuka secara resmi MTQ itu. Tuan rumah pelaksanaan MTQ yang digelar selama dua hari 24 dan 25 Oktober 2020 itu adalah Kecamatan Payakumbuh Selatan. Dengan mengambil tema “Melalui MTQ, kita wujudkan sumber daya unggul, profesional dan berani, menuju Payakumbuh Menang”.

Lantunan Ayat Suci Alquran bergema syahdu dibacakan Muhammad Rahel, qori juara 2 nasional, tingkat pelajar dan juga merupakan kebanggaan Kota Payakumbuh.

Wawako Payakumbuh Erwin Yunaz, pada kesempatan itu, berharap agar kegiatan ini dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya. Adanya pendampingan Satpol PP, TNI dan Polri dalam pelaksanaan MTQ ini, agar mengikuti aturan protokol kesehatan sesuai Perda Nomor 6 Tahun 2020 tentang Adaptasi Kebiasaan Baru.

“Pandemi seperti apapun Insya Allah umat tetap kuat, hingga masa yang akan datang. Semoga Payakumbuh dapat melahirkan qori dan qoriah terbaik yang akan mengharumkan nama kota ini di kancah nasional maupun internasional,” ujarnya.

Dalam pembukaan MTQ itu, turut hadir Ketua DPRD Kota Payakumbuh Hamdi Agus, Kepala Kemenag Ramza Husmen, Ketua Badan Kehormatan DPRD YB. Dt. Parmato Alam, Kapolres AKBP Alex Prawira, Dandim 0306/50 Kota diwakili Danramil 01/Payakumbuh, Mayor Inf. T. Barus, Sekdako Rida Ananda, Kasatpol PP Devitra, Kabag Kesra Ul Fahri, Ketua KAN Aua Kuniang Bujang M. Nur Dt. Paduko Marajo, Ketua Ketua KAN Limbukan Dt. Paduko Tuan, bundo kanduang dan pemuda parik paga duo nagari.

Sementara Kakankemenag Ramza Husmen, pada kesempatan itu, juga menyampaikan apresiasi kepada Walikota Riza Falepi, dimana MTQ di daerah tingkat II hanya beberapa kota/kabupaten yang sanggup menggelarnya. Sementara yang lain tidak melaksanakannya, karena dana yang ada dialihkan untuk penanganan pandemi Covid-19.

“Kita apresiasi sekali komitmen Walikota Payakumbuh Riza Falepi demi MTQ tingkat kota ini digelar, apalagi semangat dan dukungan seluruh pihak demi terlaksananya MTQ ini sangat luar biasa, kami terharu. Tak hanya sebagai ajang mencari juara saja, namun bagaimana gezah islam dapat hidup dalam jiwa setiap umat di kota ini,” ucap Ramza.

Di akhir acara pembukaan, dilaksanakan penyerahan tropi bergilir juara umum 2018 dikembalikan Camat Payakumbuh Barat L. Kefrinasdi, kepada Wawako Erwin Yunaz, untuk diserahkan kepada Camat Payakumbuh Selatan sebagai tuan rumah.

Peserta MTQ Tahun ini berjumlah 237 orang dari perwakilan setiap kecamatan dan ada 11 cabang yang diperlombakan. Pada moment itu, setiap orang jadi teringat pelaksanaan MTQ pada tahun 2018 lalu, saat digelar di Kecamatan Payakumbuh Timur, Juara umumnya Kecamatan Payakumbuh Barat. Sementara tahun 2016 lalu, tuan rumah Payakumbuh Utara menjadi juara umum.

(Taufik)

Kami Hadir di Google News