Berita

Gotongroyong di Kelurahan Sigando, Kampung Bersih, Silaturrahim Terjaga

81
×

Gotongroyong di Kelurahan Sigando, Kampung Bersih, Silaturrahim Terjaga

Sebarkan artikel ini
Gotongroyong di Kelurahan Sigando

mjnews.id – Pengaruh globalisasi tak sedikit mempertontonkan kehidupan masyarakat nafsi-nafsi (sendiri-sendiri). Sebagian orang sibuk dengan kepentingan pribadi, sehingga mengenyampingkan kepentingan bersama. 

Namun, hal itu tak terjadi pada masyarakat Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur, Kota Padang Panjang. Semangat gotong royong, bahu membahu membangun nagari yang kental dengan kehidupan budaya dan religi, tergambar dari aktivitas masyarakatnya. Seperti kegiatan “Sabtu Bersih” yang berjalan setiap minggu.

Masyarakat Kelurahan Sigando, baik tua, muda, maupun anak-anak, tak enggan turun langsung membersihkan tiga wilayah kecil yang mencakup 10 RT di kelurahan itu, yakni Sigando, Solok Batuang, dan Kacang Kayu. Setiap wilayah digilir setiap minggu untuk dibersihkan secara bersama-sama.

Kekompakan masyarakat Kelurahan Sigando kian hari kian melebur menjadi satu. Apalagi sejak dua bulan Lurah Risman menjabat. Risman merupakan putra asli Kelurahan Sigando. Dirinya sangat berkeinginan nagari kelahirannya maju dalam berbagai hal.

“Gotong royong akan menjalin kebersamaan. Persaudaraan makin erat. Kampung Bersih, silaturrahim terjaga,” kata Lurah Risman, di sela-sela gotong royong di depan Mesjid Asasi, Sabtu (24/10/2020) lalu.

Menurut Risman, ketika kekompakan masyarakat terjalin, program pemerintah di kelurahan tentu akan berjalan lancar.

“Semua kita mulai dari kebersamaan. Insha Allah dengan kebersamaan cita-cita memajukan Kelurahan Sigando yang diselaraskan dengan visi misi walikota-wakil walikota, bapak Fadly Amran dan Asrul akan tercapai,” katanya.

Sigando bersatu dan berjaya menjadi semboyan masyarakat di kelurahan itu. Apapun kegiatan, kata Risman, masyarakat Kelurahan Sigando harus tetap bersatu.

“Apapun itu, baik majelis taklim, remaja mesjid, FKPM, LPM, karang taruna, pemuka masyarakat, alim ulama, kita harus bersatu,” tegas Risman.

Ketua LPM Kelurahan Sigando, S. Datuak Gamuak menyampaikan, dirinya selalu bersinergi dengan Lurah Sigando untuk memajukan kelurahan itu. 

“Kita berharap Sigando makin bersatu dan berjaya untuk ke depannya,” harapnya.

Semangat warga, kata Datuak Gamuak, makin meningkat saat ini. Dia melihat hubungan antara LPM dengan aparat kelurahan dan warga masyarakat saling menyokong satu sama lain.

(hms/aa)

Kami Hadir di Google News