Berita

Manfaatkan Momentum MTQ Nasional ke-28, Disparbud Kota Padang Gelar Jemur Bonsai

80
×

Manfaatkan Momentum MTQ Nasional ke-28, Disparbud Kota Padang Gelar Jemur Bonsai

Sebarkan artikel ini
Disparbud Kota Padang Gelar Jemur Bonsai
Kepala Disparbud Padang, Arfian dan Ketua pembina PPBI Sumbar Rahmad Wartira menjelaskan kegiatan Jemur Bonsai. (ist)

mjnews.id – Memanfaatkan momentum iven nasional Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-28 di Sumbar, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) bersama Perkumpulan Penggemar Bonsai Indonesia (PPBI) menggelar Jemur Bonsai Ranah Minang ke-2, 15 hingga 21 November 2020.

Kepala Disparbud Kota Padang, Arfian, di Padang menyebutkan, Jemur Bonsai juga menjadi titik awal dimulainya kembali iven kepariwisataan yang sempat vakum sejak pandemi Covid-19 berlangsung pada Maret 2020.

“Sejak pandemi, praktis kegiatan kepariwisataan kita tiadakan di Padang. Sekarang lewat Jemur Bonsai ini, itu kita mulai lagi. Sekalian memanfaatkan momentum helat MTQ Nasional ke-28 di mana Padang ikut bertindak selaku penyelenggara,” kata Arfian, Selasa (10/11/2020).

Arfian menyebutkan, sebelumnya Disparbud bersama PPBI telah menggelar iven Jemur Bonsai pertama pada Maret lalu. Tingginya animo peserta dan para seniman bonsai saat itu ikut menjadi alasan pentingnya iven serupa digelar untuk kali kedua pada tahun ini.

“Setidaknya 200-an tanaman bonsai dan seratusan tanaman lain akan dipamerkan di Panggung Pantai Purus Kota Padang, 15 hingga 21 November 2020. Kegiatan dibuka oleh Walikota dan diisi juga dengan demo serta basar bonsai. Jadi, ada kemungkinan transaksi bonsai juga,” ucapnya.

Ketua pembina PPBI Sumbar Rahmad Wartira menyebutkan, berbonsai sendiri adalah perpaduan antara aktivitas botani dan seni, yang belakangan menimbulkan efek ekonomis, terlebih di masa pandemi.

“Dengan berbonsai, kita mendukung jaga jarak dan stay at home. Selain itu, efek lanjutan secara ekonomisnya juga banyak. Mulai penjual tanah, bakalan bonsai, hingga penjual pot ikut diuntungkan karena aktivitas ini,” katanya.

Di sisi lain, Ketua PPBI Sumbar Abdul Malik menyebutkan, berbonsai memang jadi salah satu hobi efektif yang kemudian bisa menghasilkan uang jika diseriusi. Namun manfaat yang paling bisa dirasakan adalah berbonsai untuk mengusir kebosanan di tengah pembatasan karena pandemi.

Dalam laporan Ketua Panitia Jemur Bonsai Ranah Minang Kedua Eko Satria dijelaskan, setidaknya ada enam tujuan dari helat iven Jemur Bonsai ini. Di antaranya, menyemarakkan pelaksanaan MTQ ke-28.

(rel/eds)

Kami Hadir di Google News