Berita

Warga Diajak Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Cuaca Ekstrem

69
×

Warga Diajak Tingkatkan Kewaspadaan Hadapi Cuaca Ekstrem

Sebarkan artikel ini
apel kesiapsiagaan bencana alam dan non alam di agam

Pjs Bupati Agam Benni Warlis bersama Kapolres Agam AKBP Dwi Nur Setiawan saat jelang apel kesiapsiagaan bencana alam dan non alam di lapangan kantor Bupati Agam, Selasa (10/11/2020). (ist)

mjnews.id – Pjs. Bupati Agam, Benni Warlis mengajak masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan, dalam menghadapi cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana.

“Beberapa pekan terkahir di Agam terjadi beragam bencana, sehingga ini perlu diwaspadai agar dapat meminimalisir risiko yang ditimbulkan,” kata Benni Warlis, Selasa (10/11/2020).

“Kita rumuskan dan jalankan kebijakan untuk meminimalisir terjadinya korban jiwa dan kerugian materil,” katanya.

Kepada dinas terkait, ia meminta agar bersiaga penuh. Pastikan seluruh operator siap action dan alat berat dalam kondisi prima, serta ketersediaan bahan bakarnya. “Begitu juga dengan masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan melaksanakan tindakan preventif, serta menggiatkan gotong royong pembersihan lingkungan,” katanya.

“Kemudian hindari membuang sampah ke saluran air dan tidak berteduh di bawah pohon besar.”

Terkait pohon, Dinas Lingkungan Hidup Agam diminta melanjutkan dan menyegerakan pemangkasan pohon yang berpotensi tumbang, dengan prioritas pohon yang berada di fasilitas umum.

Disisi lain, bencana yang sering terjadi adalah kebakaran akibat kurangnya kesadaran dan kepedulian masyarakat, terutama pemasangan instalasi listrik yang tidak standar, pembakaran sampah tidak diawasi dan kelalaian menggunakan kompor.

(irm)

Kami Hadir di Google News