Berita

Pjs Bupati Pasaman Barat: Optimalkan Pengintegrasian Penanggulangan Bencana

80
×

Pjs Bupati Pasaman Barat: Optimalkan Pengintegrasian Penanggulangan Bencana

Sebarkan artikel ini
apel kesiapsiagaan bencana alam pasbar
Pjs. Bupati Pasaman Barat, Hansastri, didampingi Kapolres AKBP Sugeng Hariyadi, memeriksa sarana dan prasarana penunjang dalam apel kesiapsiagaan bencana alam di daerah setempat. (ist)

mjnews.id – Pengintegrasian dalam penanggulangan bencana, dipandang sangat penting. Ini harus menjadi prioritas dalam rencana pembangunan jangka menengah. Diharapkan tercipta kerja sama yang memberikan kepuasan pada masing-masing stakeholder yang terlibat.

Namun demikian, tentu pula harus didukung anggaran yang memadai, supaya terlaksana secara tepat, cepat dan bertanggungjawab sesuai peraturan perundang-undangan.

Hal tersebut disampaikan Pjs. Bupati Pasaman Barat, Hansastri saat memimpin apel kesiapsiagaan bencana alam secara serentak, Selasa lalu di halaman kantor Mapolres Pasbar.

“Penanggulangan bencana harus dilakukan secara bersama dalam rangka harmonisasi peraturan Perundang Undangan terkait dengan pelaksanaan tugas dan fungsi penanggulangan bencana di Pasaman Barat,” katanya.

Selain anggaran, di sisi lain juga diperlukan peningkatan kapasitas sumber daya melalui pendidikan dan pelatihan untuk semua kelompok yang terlibat. Pendidikan kewaspadaan dini juga amat penting disosialisasikan dan diajarkan kepada masyarakat.

Katanya, saat terjadi bencana, yang pertama terlibat adalah masyarakat setempat. Untuk itu, setiap warga perlu diedukasi agar siap dan tahu apa yang harus dilakukan dalam menghadapi bencana alam.

“Harus dilakukan semua pihak. Dengan kebersamaan dan sinergi akan menghasilkan kualitas data informasi dan pelaporan kejadian bencana yang optimal. Apalagi dengan pemanfaatan pusat pengendalian operasional dan pelatihan teknologi informasi komunikasi,” sebutnya.

Lebih lanjut dikatakan, kesiapsiagaan bencana sangat penting dilakukan karena Pasaman Barat merupakan daerah rawan bencana alam seperti banjir, longsor dan abrasi.

Dalam pelaksanaan apel, Pjs Bupati Hansastri didampingi Kapolres Pasaman Barat AKBP Sugeng Hariyadi, Waka Polres, Kompol Abdus Syukur Felani, Pabung 0305 Idham Chalid, Kepala BPBD Edi Busti, Kasat Pol PP Abdi Surya, Kadis Perkim Adyarsah, Koramil Simpang Empat Kapten Inf. Lilik, Kasat Polres dan Kabag Polres, Kapolsek personil TNI, Satpol PP, PMI, dan Dishub Pasbar.

(win)

Kami Hadir di Google News