Berita

HUT Brimob ke-75, Ini Harapan Kapolres Solok Selatan

84
×

HUT Brimob ke-75, Ini Harapan Kapolres Solok Selatan

Sebarkan artikel ini
HUT Brimob ke 75 di Solok Selatan
Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto memotong tumpeng pada peringatan Korps Brimob ke-75 tahun 2020 di Mapolres setempat. (ist)


mjnews.id – Kepolisian Resor (Polres) Solok Selatan (Solsel) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Brigade Mobil (Brimob) ke-75 pada 14 November 2020 secara sederhana di Mapolres setempat.

“Kita peringati secara sederhana saja, memotong tumpeng sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa,” kata Kapolres Solok Selatan, AKBP Tedy Purnanto.

Dia berharap di ulang tahun ke 75 tersebut Korps Brimob makin jaya, dan bersinergi dengan TNI dan masyarakat dalam menjaga negara.

“Saya bangga menjadi bagian dari Korps Brimob dan akan kembali lagi ke Korps Brimob,” kata mantan Danyon B Pelopor Satbrimob Polda Jawa Timur, sebelum menjabat Kapolres Solok Selatan terhitung sejak 19 Mei 2020 tersebut.

Tedy menyebutkan sejarah singkat Korps Brimob yang diresmikan pada 14 November 1945 tersebut. Berawal dari organisasi bentukan Jepang mengalami beberapa kali perubahan nama mulai dari Tokubetsu Kaisatsu Tai, Polisi Istimewa, Mobrig (Mobil Brigade) dan Brimob.

“Pada tanggal 21 Agustus 1945, Inspektur Polisi Tk. I. Mohammad Jasin, di Markas Kesatuan Polisi Istimewa menggelorakan semangat Polisi untuk bersatu dengan Rakyat dalam mempertahankan Proklamasi 17 Agustus,” katanya.

Saat ini imbuhnya, Korps Brimob terdiri dari 2 (dua) cabang yaitu Gegana dan Pelopor. Gegana bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus seperti, Penjinak Bomb, Anti-Terror, Inteligensi, dan penanganan kimia.

Sedangkan, Pelopor, katanya, bertugas untuk melaksanakan tugas-tugas operasi kepolisian khusus yang lebih luas seperti Penanganan Kerusuhan atau Huru-Hara, Pencarian dan Penyelamatan (SAR), operasi Gerilya serta pertempuran hutan terbatas serta Pengamanan instalasi vital.

(*/ems)

Kami Hadir di Google News