Berita

Menwa Pagaruyung Sumbar Diklatsar Militer ke-42 di Makodim 0307 Tanah Datar

91
×

Menwa Pagaruyung Sumbar Diklatsar Militer ke-42 di Makodim 0307 Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
menwa diklatsar angkatan 42
Komandan Resimen Menwa Pagaruyung Wahyu Iramana Putra memasangkan tanda Diklatsar pada seorang Menwa. (ist)

mjnews.id – Puluhan anggota Resimen Mahasiswa (Menwa) Pagaruyung Sumbar dari empat perguruan tinggi mengikuti Pendidikan dan Latihan Dasar (Diklatsar) militer angkatan ke-42 di Makodim 0307 Tanah Datar kawasan Pagaruyung.

Diklatsar ini dibuka Komandan Resimen Pagaruyung Sumbar, Wahyu Iramana Putra bersama Kasdim 0307 Tanah Datar Mayor Inf. Munawar, berlangsung selama sepuluh hari, baru-baru ini.

Wahyu Iramana Putra, meminta agar peserta dalam menjalani pendidikan dan latihan mengikuti instruksi dan aturan yang diterapkan, karena merupakan ajang untuk membentuk karakter sebagai seorang Menwa.

“Di luar sana mahasiswa mungkin bisa melakukan apa saja, tetapi tidak semua mahasiswa dapat merasakan apa yang kalian rasakan. Untuk itu, semua instruksi dan aturan dari para pendamping, pelatih, pembina diikuti. Karena pada dasarnya pemimpin yang dapat dicontoh adalah pemimpin yang dapat memberikan teladan kepada anak buahnya,” ujar Wahyu.

Sebab pelatih, katanya, tentu akan memberikan pembekalan dan keterampilan sesuai standar latihan yang telah ditetapkan sehingga mencapai sasaran yang maksimal.

“Disiplin waktu harus ditegakkan dan harus tepat waktu. Sebab TNI adalah tepat waktu, tidak bisa main-main dengan waktu dan disiplin yang kuat itulah TNI,” timpalnya.

Sementara itu, Dandim 0307 Tanah Datar Letkol. Inf. Wisyudha Utama diwakili Kasdim Mayor Inf Munawar mengatakan, pelatihan akan menumbuhkan dan menanamkan rasa cinta Tanah Air.

Diikuti sebanyak 27 orang yang berasal dari empat perguruan tinggi, yakni Unand, STKIP, ISI, dan Tamsis.

Pelatih Kapten Kav. Hendra menambahkan bahwa Menwa merupakan komponen cadangan pertahanan negara yang diberikan pelatihan ilmu militer.

Dimana Menwa sebagai salah satu komponen warga negara mendapat pelatihan militer dan juga salah satu kekuatan sipil dilatih dan dipersiapkan untuk mempertahankan NKRI sebagai perwujudan Sistem Pertahanan dan Keamanan Rakyat Semesta (Sishankamrata).

(yus/efr)

Kami Hadir di Google News