ParlemenSumatera Barat

DPRD Umumkan Mahyeldi – Audy Jadi Gubernur dan Wagub Sumbar Terpilih

69
×

DPRD Umumkan Mahyeldi – Audy Jadi Gubernur dan Wagub Sumbar Terpilih

Sebarkan artikel ini
DPRD Umumkan Mahyeldi Audy Jadi Gubernur dan Wagub Sumbar Terpilih

MJNews.id – DPRD Sumbar telah mengumumkan dan menetapkan Mahyeldi – Audy Joinaldy sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sumbar untuk periode 2021- 2026. Hasil penetapan dikirimkan ke Presiden melalui Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dengan harapan Sumbar bisa segera memiliki gubernur dan wakil gubernur definitif.

“Semakin cepat Sumbar memiliki gubernur dan wakil gubernur definitif, tentu lebih baik. Ini semakin bagus karena program sesuai visi dan misi gubernur bisa cepat pula terlaksana demi kemajuan Sumbar ke depan,” ujar Ketua DPRD Sumbar, Supardi usai rapat paripurna pengumuman dan penetapan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Selasa (23/2/2021) di gedung dewan.

Supardi menjelaskan, sesuai ketentuan pasal 101 ayat 1 huruf e, Undang-Undang nomor 3 Tahun 2014, salah satu tugas dan kewenangan DPRD adalah mengusulkan pengangkatan dan pemberhentian gubernur dan wakil gubernur kepada presiden melalui Mendagri. Kewenangan tersebut harus dilakukan dalam jangka lima hari pasca KPU provinsi menyampaikan penetapan pasangan calon ke DPRD.

“19 Februari lalu DPRD sudah terima laporan dari KPU. Dan kita laksanakan sesuai UU hari ini penetapan serta pengumumannya,” ujar Supardi.

DPRD sudah membuat Surat Keputusan Nomor 5/SB/2021 tentang usul pengesahan pengangkatan pasangan calon gubernur dan wakil gubernur terpilih dalam pemilihan gubernur dan wagub Sumbar Tahun 2020.

Dia mengatakan, DPRD Sumbar mengharapkan Mahyeldi dan Audy bisa menjalankan tugas dan kewajiban sebagai gubernur dan wakil gubernur Sumbar dengan amanah dan membawa daerah serta masyarakat Sumbar menjadi lebih baik, maju dan sejahtera.

Supardi mengatakan, tantangan dan permasalahan pembangunan daerah dalam lima tahun ke depan sangatlah berat. Penanganan Covid-19, pemulihan ekonomi daerah dan keterbatasan kemampuan daerah menjadi tiga isu strategis yang penting. Untuk menyikapi tantangan tersebut diperlukan kesungguhan dari gubernur dan wakil gubernur terpilih sebagai administrator sekaligus sebagai motor penggerak pembangunan.

(nas)

Kami Hadir di Google News