InfrastrukturParlemenSumatera Barat

Rezka Oktoberia Keluhkan Molornya Tol Padang – Sicincin ke Menteri ATR

75
×

Rezka Oktoberia Keluhkan Molornya Tol Padang – Sicincin ke Menteri ATR

Sebarkan artikel ini
tol padang sicincin
Jalan tol Padang – Sicincin. (ist)

MJNews.id – Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Rezka Oktoberia mengeluhkan molornya pembangunan Jalan Tol Trans Sumatera khususnya ruas Tol Padang-Sicincin. Keluhan itu disampaikan langsung kepada Menteri ATR/Kepala BPN Sofyan Djalil.

Rezka mengatakan, ruas Tol Padang-Sicincin sudah diresmikan pembangunannya sejak 2018 oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi). Namun, hingga saat ini lahan yang sudah bebas baru 4 kilometer (km). Padahal, ruas tol ini terbentang sepanjang 26,2 km.

“Kebetulan Sicincin itu daerah pemilihan saya, itu yang harusnya ditargetkan selesai 2022 ini sudah pasti dinyatakan mundur,” kata Rezka dalam rapat kerja dengan Menteri ATR yang disiarkan secara virtual, Jakarta, Senin 22 Maret 2021.

Ia mengatakan, PT Hutama Karya (Persero) selaku kontraktor Jalan Tol Trans Sumatera menyebut salah satu kendala pembangunan ruas Tol Padang-Sicincin adalah lambatnya pembebasan lahan.

“Project director HK sudah menyampaikan bahwa yang membuat memperlambat ini adalah lambatnya proses pembebasan lahan, groundbreaking yang sudah dilakukan oleh Presiden pak Jokowi dari 2018 itu baru 4 km, miris,” jelasnya.

Oleh karena itu, dirinya meminta Sofyan Djalil selaku Menteri ATR/Kepala BPN untuk memberikan perhatian ekstra terhadap pembangunan jalan tol Trans Sumatera khususnya ruas Tol Padang-Sicincin. “Di sini saya minta atensi dari Pak Menteri, karena sudah terlalu lama dan hal inilah penyebabnya kenapa tol juga belum bergerak,” katanya.

Menanggapi itu, Sofyan Djalil mengungkapkan akan mengerahkan berbagai macam upaya agar pembangunan jalan tol ruas Tol Padang-Sicincin bisa selesai dengan cepat.

Namun demikian, dirinya mengaku pembebasan lahan di ruas Padang-Sicincin perlu perhatian khusus lantaran banyak lahan adat. “Memang kasus yang di Sumatera Barat ini memerlukan special attention. Saya pergi ke sana kemudian orang kita yang pensiun diperbantukan, orang yang mengerti betul struktur hubungan masyarakat adat dan lain-lain,” kata Sofyan.

Dia mengaku sudah berkoordinasi dengan Gubernur Sumatera Barat untuk mempercepat proses pembebasan lahan di ruas Tol Padang-Sicincin. “Saya sudah teleconference dengan Pak Gubernur, Pak Gubernur sendiri akan lead, memimpin sendiri supaya hambatan-hambatan ini bisa diatasi,” ungkapnya.

(rls/yud)

Kami Hadir di Google News