PendidikanReligiSumatera Barat

LPPM Sumbar Adakan Pesantren Ramadhan Unggul di SMA dan SMK

154
×

LPPM Sumbar Adakan Pesantren Ramadhan Unggul di SMA dan SMK

Sebarkan artikel ini
Pesantren Ramadhan Unggul

MJNews.id – Lembaga Pembinaan Pendidikan Masyarakat (LPPM) Sumatera Barat (Sumbar) Kota Padang Panjang mengadakan Pesantren Ramadhan Unggul/Model. Kegiatan berlangsung dari 15 April hingga 6 Mei mendatang.

Ketua LPPM-SB, Roby Chandra menyebutkan, kegiatan ini diikuti kurang lebih 100 peserta yang merupakan perwakilan SMA/SMK negeri dan swasta yang ada di Padang Panjang. 

“Lokasi pelaksanaan Pesantren Ramadhan ini, dilaksanakan di masjid/mushalla di sekolah masing-masing sesuai jadwal yang ditetapkan,” ungkapnya, Jumat 16 April 2021.

Roby menambahkan, tahun 2021 ini, akhir pembelajaran semester genap tahun pelajaran 2020/2021 bertepatan di bulan Ramadhan 1442 H. Oleh karena itu, pembelajaran ini dapat dilaksanakan dengan mengoptimalkan pembelajaran agama yang ada di SMA dan SMK. 

“Output yang diharapkan yaitu peningkatan kualitas iman dan amal peserta, menumbuhkan budaya cinta masjid, dan pengaplikasian karakter yang Islami, nasionalis, dan sesuai adat Minangkabau,” jelas Roby yang juga Pengasuh Asrama SMAN 1 Padang Panjang ini.

Ditambahkannya, kegiatan ini juga bertujuan untuk mendidik remaja muslim yang berkarakter. “Tanpa penguatan pendidikan agama, pribadi yang beriman dan bertakwa serta berakhlak mulia, mustahil dapat terwujud,” imbuh Roby. 

Adapun bentuk pelaksanaannya kegiatan ini di antaranya kegiatan tadarus, pengajian keislaman, shalat berjamaah, dzikir dan doa, praktek shalat fardhu dan shalat jenazah, diskusi tentang pemantapan pemahaman keagamaan, pengenalan tokoh Sumatera Barat Pra Kemerdekaan, Kemerdekaan dan Pasca Kemerdekaan, serta penerapan nilai-nilai karakter.

“Kegiatan ini mengacu pada Peraturan Gubernur Provinsi Sumatera Barat Nomor 48 Tahun 2014 tentang Pedoman Penyelenggaraan Pembelajaran di Sekolah dan Madrasah pada Bulan Ramadhan. Di mana pada Pasal 4 disebutkan, pembelajaran di bulan Ramadhan tetap dilaksanakan, baik di sekolah maupun di luar sekolah,” ucapnya.

(mutia)

Kami Hadir di Google News