PendidikanSumatera Barat

Pemkab Tanah Datar Salurkan Rp1,2 Miliar Bansos untuk 535 Anak

90
×

Pemkab Tanah Datar Salurkan Rp1,2 Miliar Bansos untuk 535 Anak

Sebarkan artikel ini
Pemkab Tanah Datar Salurkan Rp1,2 Miliar Bansos untuk 535 Anak
Wakil Bupati Tanah Datar, Zuldafri Darma foto bersama setelah penyerahan dana bantuan sosial pendidikan untuk 535 anak. (Humas)
mjnews.id – Pemkab Tanah Datar menyalurkan Rp1,246 miliar dana bantuan sosial pendidikan untuk 535 anak. Secara simbolis, dana itu diserahkan Wakil Bupati (Wabup) Zuldafri Darma, Senin (20/7/2020), di Aula Kantor Bupati Tanah Datar, Nagari Pagaruyuang, Kecamatan Tanjung Emas.
Para penerima terdiri dari 470 mahasiswa perguruan tinggi negeri, 52 siswa SLTA, 52 siswa SLTP, dan 13 siswa SLTP. Sebelumnya, tahap pertama Pemkab Tanah Datar juga telah mendistribusikan Rp626.973. 000 untuk biaya pendidikan 229 anak, dan tahap kedua Rp248. 554.000 untuk 106 anak.
Zuldafri Darma dalam arahannya mengatakan, dana bantuan sosial pendidikan itu berasal dari APBD kabupaten, BAZNas Tanah Datar, bantuan perantau, dan dana CSR BUMN/BUMD.
“Pemerintah daerah Tanah Datar berkomitmen, tidak ada satu pun anak Tanah Datar tidak mampu melanjutkan pendidikan karena keterbatasan biaya, walaupun saat ini sebagian anggaran dialihkan untuk penanganan percepatan covid-19,” katanya.
Dikatakan juga, salah satu program unggulan Tanah Datar yakni program Gerbang Cerdas dengan program tersebut banyak siswa diterima di Perguruan Tinggi Negeri dan menjadi indikator terpilihnya Tanah Datar sebagai kabupaten terbaik dalam pengelolaan pendidikan tingkat provinsi selama lima kali berturut-turut.
“Semua harapan tertumpu kepada generasi muda yang akan membawa Tanah Datar sejahtera di masa depan, daerah kita memang tidak mempunyai sumber daya alam yang berlimpah namun harus kaya dengan sumber daya manusia,” ujar Zuldafri.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tanah Datar Riswandi mengatakan bantuan sosial pendidikan itu berdasarkan surat Keputusan Bupati nomor 900/21/BKD-2020 dengan total keseluruhan sebanyak Rp1.246.375. 000 untuk 535 penerima yang akan disalurkan melalui rekening penerima masing-masing.
“Kita mengundang sebagian penerima bantuan sosial pendidikan ini, kita lakukan secara simbolis mengingat suasana Covid-19, para peserta kita sarankan pula menggunakan masker dan menjaga jarak, mudah-mudahan bantuan ini digunakan sebaik-baiknya,” ujar Riwandi.
Terlihat hadir pada kesempatan itu Inspektur Pembantu Erizalnur, Kabag Kesra Afrizon, Kabag Perekonomian Masni Yuletri, Kabag Pengadaan Barang Jasa Veri Winora dan Kepala TU Kesbangpol Dodi. (mus)

Kami Hadir di Google News