Religi

FKUB Berperan Besar Ciptakan Stabilitas yang Kondusif

90
×

FKUB Berperan Besar Ciptakan Stabilitas yang Kondusif

Sebarkan artikel ini
fkub padang
Pembukaan sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula FKUB Kota Padang, Selasa (24/11/2020). (ist)

mjnews.id – Dalam situasi politik yang kurang kondusif saat ini, sangat dibutuhkan terjaganya Kerukunan Umat Beragama. Kota Padang sangat memahami itu, sehingga kerukunan umat beragama terus terjalin dengan baik.

Hal itu ditegaskan Plt Walikota Padang yang diwakili Kepala Kesbangpol Kota Padang, Yuska Libranfortuna saat membuka sosialisasi Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di aula FKUB Kota Padang, Selasa (24/11/2020).

Disebutkannya, kondisi kerukunan umat beragama di Kota Padang cukup terjaga dengan baik. Itu dibuktikan ketika terjadi pengerusakan masjid oleh non muslim di Sulawesi tak bergejolak di Kota Padang.

“Kondisi hubungan harmonis seperti saat ini terus kita jaga demi stabilitas politik dan keamanan serta lancarnya pembangunan di Kota Padang,” ujar Yuska Libranfortuna.

Lebih jauh disebutkan, persoalan yang muncul merusak kerukunan umat beragama diantaranya dengan muncul aliran sesat. Seperti yang terjadi di kota lain dalam Sumbar. Aliran itu menyatakan, naik haji tak perlu ke Mekah dan cukup ke Kota Padang.

Kondisi itu sudah aman dan diselesaikan tim Pakem pemerintah daerah setempat. Dikatakannya, Pemko Padang juga memiliki tim kewaspadaan dini yang mencari dan mengumpulkan informasi mengancam stabilitas politik dan keamanan.

Tim ini yang bergerak cepat mengantisipasi dan mencari solusi untuk pencegahan. Pada tempat yang sama, Sekretaris FKUB Kota Padang, Yultel Ardi Tuanku Malin Sulaiman mengatakan, kegiatan sosialisasi ini untuk mempererat hubungan silaturrahmi antar umat beragama. Sekaligus, juga untuk lebih memperkenalkan kepengurusan FKUB Kota Padang periode 2020-2025.

Menurutnya, setelah kegiatan sosialisasi ini ditindaklanjuti dengan saling mengunjungi tempat ibadah masing-masing.

“Kita berharap, umat beragama bisa semakin solid di Kota Padang.FKUB ini adalah sebagai wadah dan corongnya,” ulas Yultel Ardi.

Pada kesempatan itu, pemateri berasal dari Ketua FKUB Sumbar, Prof.Duski Samad, Kakan Kemenag Kota Padang, Marjanis dan Ketua FKUB Kota Padang, Prof. Salmadanis.

Peserta sosialisasi FKUB sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut hingga usai.

(swl/eds)

Kami Hadir di Google News