PendidikanReligi

Bekerjasama dengan KORPRI, 3.939 Siswa Berprestasi Tak Mampu Dapat Beasiswa Baznas Padang

76
×

Bekerjasama dengan KORPRI, 3.939 Siswa Berprestasi Tak Mampu Dapat Beasiswa Baznas Padang

Sebarkan artikel ini
Siswa Berprestasi Tak Mampu Peroleh Beasiswa Baznas Padang
Pj Ketua Korpri Padang yang juga Asisten III Setko Didi Hariyadi serahkan beasiswa pada siswa berprestasi tidak mampu secara simbolis, Senin (30/11/2020). (ist)

mjnews.id – Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Padang menyalurkan beasiswa bagi 3.939 siswa di Kota Padang. Beasiswa tersebut bantuan dari Baznas ditambah penyaluran bekerjasama dengan Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri)

Bantuan tersebut diserahkan Senin (30/11) di Kantor Baznas Padang. Total dana beasiswa yang disalurkan pelajar tingkat SD, SMP dan MTs dan bantuan sembako ini Rp3,3 miliar.

“Bantuan ini merupakan program pendidikan Baznas Padang dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) dan mengentaskan kemiskinan,” ujar Ketua Baznas Padang, H. Epi Santoso, Senin (30/11/2020).

Dikatakannya, ada tiga kegiatan yang dilaksanakan sekaligus yakni, penyaluran beasiswa SD/MI Rp1,194 miliar untuk 1.706 siswa, MI Rp38 juta untuk 55 siswa, SMP Rp279 juta untuk 310 siswa, dan MTs Rp72 juta untuk 80 orang dengan total siswa 2.151 orang dan total dana Rp1,8 miliar.

Nilai bantuan, untuk SD/MI senilai Rp700 ribu/siswa, setingkat MI masing-masing Rp700 ribu, SMP mendapat SMP dan MTs masing-masing Rp900 ribu/siswa.

Mereka yang menerima bantuan beasiswa adalah siswa berprestasi tidak mampu. Data siswa dikirimkan oleh sekolah sesuai permintaan dari Baznas.

“Mereka penerima adalah sesuai dengan kriteria mustahik, penerima zakat,” sebutnya.

Kemudian, penyaluran beasiswa untuk anak anak anggota Korpri yang terdiri dari anak anak golongan 1 dan 2 senilai Rp1,4 miliar dan penyaluran paket sembako Rp446 juta dengan jumlah penerima 1.785. 

“Jadi total dana yang disalurkan dari ketiga kegiatan ini Rp3,3 miliar,” ujar Epi.

Kegiatan kerjasama Baznas dengan Korpri Padang ini disalurkan sampai 10 Desember mendatang, yang setiap harinya disalurkan 245 siswa.

Dalam kesempatan itu disampaikannya, UPZ Baznas Padang secara resmi telah terbentuk di Kemenag Padang sehingga zakat pegawai Kemenag ke Baznas Padang. Selain itu program imam kader masjid sudah berjalan, di mana kadernya minimal hafal 20 juz dan paham ilmu fiqih dasar.

Kemenag yang diwakili Furhan Furqani mengatakan, Baznas perlu memperlebar sayap menggaet muzaki, terutama BUMN yang ada di Padang. Di antaranya seperti Telekomsel, perlu dirayu bagaimana zakatnya mengalir ke Baznas Padang.

Pj Ketua Korpri Padang yang sekaligus Asisten III Setko Padang Didi Hariyadi mengatakan, kegiatan visinya untuk mengentaskan kemiskinan dan menciptakan Imtaq dan Imtek. Bantuan ini memang anak anak anggota Korpri, tapi untuk diketahui tidak semua anak anak dri anggota Korpri tersebut warga mampu dalam finansial.

“Dan bantuan sembako diperuntukkan untuk anak pegawai harian lepas, honorrer yang ada di sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemko Padang,” ujar Didi.

(eds)

Kami Hadir di Google News