Religi

Wabup Pasaman Buka Seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an

95
×

Wabup Pasaman Buka Seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an

Sebarkan artikel ini
Sabar AS
Wakil Bupati Sabar AS.

PASAMAN, MJNews.ID – Bertempat di Pasaman Islamic Centre Lubuk Sikaping, Wakil Bupati Sabar AS membuka secara resmi seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an, Selasa 8 Juni 2021.

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman, Drs. Mara Ondak selaku Ketua Umum Pasaman Islamic Centre dalam laporannya mengatakan, pelaksanaan seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an ini merupakan salah satu program Pemerintah Kabupaten Pasaman untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Pasaman yang lebih baik dan bermartabat dalam rangka memaksimalkan fungsi dari Pasaman Islamic Centre sebagai pusat kajian islam dan pengembangan informasi islam di Kabupaten Pasaman serta untuk menciptakan generasi Hafizh dan Hafizah di Kabupaten Pasaman.

Mara Ondak juga mengatakan, dasar pelaksanaan seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an, Surat Keputusan Bupati Pasaman Nomor 1 Tahun 2021 tentang Pembentukan Badan Pengelola Pasaman Islamic Centre, Dokumen Pelaksanaan Anggaran Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman tahun 2021, Keputusan Bupati Pasaman Nomor 188.45/218/BUP-PAS/2021 tanggal 16 April 2021 tentang Penunjukan Personil Tim Seleksi Iman dan Guru Tahfidz Qur’an Pasaman Islamic Centre Tahun 2021, Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Pasaman Nomor 450/496/Kesra/2021 tanggal 21 Mei 2021 tentang Penerimaan Imam dan Guru Tahfidz Qur’an Pasaman Islamic Centre.

Lanjut Mara Ondak, maksud dan tujuan pelaksanaan seleksi tanggal 8-9 Juni 2021, untuk menjaring/memilih calon Imam dan Guru Tahfidz Qur’an Pasaman Islamic Centre, dengan peserta sebanyak 80 orang yang berasal dari 17 provinsi di Indonesia, yaitu: Sumatera Barat 36 orang, Sumatera Utara 12 orang, Aceh 4 orang, Riau 8 orang, Kepri 1 orang, Sumatera Selatan 3 orang, Lampung 1 orang, Jambi 3 orang, Jawa Barat 1 orang, Jawa Timur 1 orang, Jawa Tengah 2 orang, DKI 3 orang, Bengkulu 1 orang, Kalimantan Timur 1 orang, Kalimantan Selatan 1 orang, Yogyakarta 1 orang. Dengan latar belakang pendidikan bervariasi mulai SLTA sampai Strata 3.

Dalam laporannya Drs. Mara Ondak juga menyampaikan bahwa Tim Penyeleksi berasal dari Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman, Kementerian Agama Kabupaten Pasaman, Dewan Masjid Kabupaten Pasaman, Badan Pengelola Pasaman Islamic Centre, LPTQ Kabupaten Pasaman, dan Qori Kabupaten Pasaman. Adapun materi yang diuji adalah Administrasi, hafalan minimal 20 jus Alqur’an, Adab fashahah. Kefaqihan, bahasa arab, kemampuan mengajar, wawasan keagamaan. Dana penyelenggaraan seleksi ini dibebankan kepada DPA Bagian Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Pasaman tahun 2021.

Dalam pidatonya, Sabar AS mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berpartisipasi atas terselenggaranya kegiatan seleksi penerimaan calon Imam dan Guru Tahfidz Qur’an Pasaman Islamic Centre. Kegiatan seleksi Imam dan Guru Tahfidz Qur’an dimaksudkan adalah untuk mendapatkan guru Tahfidz yang berkomitmen dan mampu ikhlas berjuang bersama dan mengajak dirinya untuk mengangkat harkat dan martabat terutama generasi muda dan masyarakat Kabupaten Pasaman menjadi generasi muda dan masyarakat yang berkualitas, beriman, dan bertaqwa (BERIMTAQ).

Lanjutnya, keberadaan Pasaman Islamic Centre, juga mendorong tumbuh dan berkembangnya pusat kegiatan keagamaan di Kecamatan, Nagari, dan kejorongan, karena secara berkala juga dilakukan pembinaan dan penilaian terhadap tempat tempat pendidikan Alqur’an.

Di akhir pidatonya Sabar AS mengajak para peserta, tim penguji, dan panitia sebagai berikut :

  1. Kepada calon Imam dan Guru Tahfidz Qur’an, jalinlah hubungan komunikasi yang baik, jadikanlah kesempatan ini sebagai ajang silaturrahmi untuk memperkuat tali persaudaraan dengan sesama peserta.
  2. Ikutilah rangkaian pelaksanaan seleksi dengan ikhlas karena Allah, kami yakin Allah pasti mengetahui mana yang terbaik untuk kita.
  3. Berikanlah sumbangsarannya untuk kemajuan Pasaman Islamic Centre Kabupaten Pasaman ini, karena para peserta semua adalah orang orang pilihan, yang kami yakini sudah banyak pengalamannya.
  4. Kepada Tim penguji laksanakanlah tugas dengan baik dan berikan penilaian yang objektif dengan berserah diri kepada Allah SWT
  5. Dan terima kasih kepada panitia yang telah melaksanakan kegiatan seleksi calon Iman dan Guru Tahfidz Qur’an Pasaman Islamic Centre Kabupaten Pasaman.

(amr) 

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT