Religi

TPQ/TPSQ Baiturahman Gelar Khatam Al-Quran, Irwan Suwandi: Selamat dan Sukses!

76
×

TPQ/TPSQ Baiturahman Gelar Khatam Al-Quran, Irwan Suwandi: Selamat dan Sukses!

Sebarkan artikel ini
TPQ TPSQ Baiturahman Gelar Khatam Al Quran
TPQ/TPSQ Baiturahman Gelar Khatam Al-Quran.

PAYAKUMBUH, MJNews.ID – Sebanyak 18 santri TPQ/TPSQ Baiturrahman Kelurahan Sicincin, Kecamatan Payakumbuh Timur mengikuti perayaan Khatam Alquran. Acara dilangsungkan selama dua hari, Minggu-Senin 21-22 Juni 2021.
Guru ngaji TPQ/TPSQ Sari Sukma, mengatakan dengan membaca Alquran hati menjadi tenang. Alquran merupakan kitab yang paling mulia diantara kitab-kitab yang lain.
Prosesi alek khatam Al-Quran sekarang ini sangat berbeda dari tahun-tahun sebelumnya dikarenakan daerah kita sedang dilanda musibah virus Corona yang sangat menakutkan itu, karena itu acara khatam Al-Quran kali ini memang harus mengikuti Protap Kesehatan agar virus tersebut tidak mewabah ke daerah kita,” ujarnya, Senin 21 Juni 2021.
Lebih lanjut Sari Sukma mengatakan, dengan diawali Basimak, peserta diuji dalam membaca Alquran di hadapan guru/dewan seleksi. Acara basimak diadakan pada Minggu 20 Juni 2021 lalu dan Sari Sukma berpesan, agar setelah khatam ini para santri terus mengaji dan meningkatkan kualitas bacaan Al-Qur’an. Ia juga mengucapkan terima kasih yang tak terhingga kepada semua pihak yang telah ikut membantu dan mendukung dalam mensukseskan Khatam Al-Quran Baiturahman yang baru saja sudah digelar.
“Atas nama guru dan pengurus TPQ-TPSQ Baiturrahman, kami berharap kepada santri yang ikut khatam hari ini untuk senantiasa membaca Al-Qur’an dan meningkatkan kualitas pendalaman kajian. Al Qur’an sebagai kitab suci kita umat islam bukan sekedar dimiliki, tapi dibaca dan dipelajari serta diamalkan secara maksimal,” harapnya.
Sementara itu, Camat Payakumbuh Timur Irwan Suwandi kepada media menyampaikan, dalam mendalami Al-Qur’an, tentunya butuh dukungan dari orang tua dan para guru, kedua aspek ini juga harus diperkuat dengan kemauan santri. Untuk itu, tumbuhkanlah jiwa ingin mendalami di dalam jiwa santri, anandaku semuanya berkewajiban untuk itu,”sebut mantan Kabid Kominfo Kota Payakumbuh itu.
“Karena ananda semua adalah pelanjut estafet kepemimpinan yang sedang dijalankan kini. Kita berharap pemimpin kedepan berasal dari santri-santri yang shaleh, semoga pemimpin itu berasal dari santri Baiturrahman,” katanya.
Ditambahkan Irwandi, dirinya sangat mengapresiasi guru ngaji TPQ Baitul Rahman yang telah mewisudakan anak-anak kita ini. “Dengan sudah dikhatam Al-Quran tersebut bisa menjadi pedoman hidup dalam menuju cita-cita yang akan digapai,” tutup camat yang dikenal akrab dengan awak media Luak 50 itu. 
Irwan juga menyampaikan untuk pengembangan TPQ ke depan, insya Allah pemerintah kecamatan akan siap mendukung. “Kami juga berharap para alumni TPQ yang sudah sukses dan pernah dibina oleh Ibu Sari Sukma, mari turut membantu dan mengembangkan institusi ini. Ini bisa menjadi cikal Bakal lembaga pendidikan agama yang professional dan maju di kecamatan kita berkat bantuan para alumni,” harap Camat Payakumbuh Timur itu.
(Yud)

Kami Hadir di Google News