Religi

Jajaran Kemenag, Agen Perubahan Perkuat Kerukunan Antar Umat di Dharmasraya

86
×

Jajaran Kemenag, Agen Perubahan Perkuat Kerukunan Antar Umat di Dharmasraya

Sebarkan artikel ini
Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya
Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya kepada Kepala kantor Kemenag Dharmasraya, Abdel Hag, Selasa (5/1/2021). (ist)

mjnews.id – Bupati Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di tanah air. Katanya, Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional dan Kementerian Agama hadir untuk melindungi kepentingan agama dan semua pemeluk agama.

“Untuk itu, seluruh jajaran Kementerian Agama hendaknya bisa mengawal dan mengembangkan peran strategis Kementerian Agama secara kontekstual di tengah masyarakat,” ungkap bupati ketika menjadi Inspektur Upacara dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti ke-75 Kementerian Agama Republik Indonesia, di halaman Kantor Kemenag Dharmasraya, Selasa (5/1/2021).

Lanjut bupati, peringatan Hari Amal Bhakti pada tahun ini mengusung tema “Indonesia Rukun”. “Tema ini sejalan dengan semangat nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa ini untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsa agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

“Hari ini, kita memperingati tonggak peristiwa penting yang mempunyai arti khusus bagi bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi kaidah dan nilai-nilai kehidupan beragama, yaitu Hari Amal Bakti Kementerian Agama. Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama merefleksikan rasa syukur kita kepada Allah SWT, Tuhan Yang Maha Esa, dan penghargaan terhadap jasa-jasa para perintis dan pendiri Kementerian Agama, Kita semua bisa berdiri di tempat ini, tidak lepas dari perjuangan dan pengorbanan generasi terdahulu,” ujar bupati menyampaikan sambutan tertulis Menteri Agama RI, Yaqut Cholil Coumas. Di akhir sambutan, bupati mengucapkan selamat Hari Amal Bhakti ke-75.

“Semoga pandemi Covid-19 sebagai ujian berat bagi bangsa kita dan kemanusiaan segera berlalu dengan takdir dan pertolongan Allah,” pungkasnya.

Sementara itu, menurut Kepala Kantor Kemenag Dharmasraya, Abdel Haq, bertepatan dengan peringatan Hari Amal Bhakti tahun ini ada 34 orang staf Kemenag mendapatkan penghargaan satyalancana karya satya. Ada yang termuda mengabdi sepuluh tahun hingga yang tertua 30 tahun mengabdi untuk negeri.

(ron/rit)

Kami Hadir di Google News