Religi

Derap Kreativitas Remaja Sigando: Tahfidz Alquran, Randai, Silek, Tari Hingga Pasambahan

97
×

Derap Kreativitas Remaja Sigando: Tahfidz Alquran, Randai, Silek, Tari Hingga Pasambahan

Sebarkan artikel ini
anak anak dan remaja Sigando sedang mengikuti kegiatan tahfizh
Sejumlah anak-anak dan remaja Sigando sedang mengikuti kegiatan tahfidz di Masjid Asasi. (ist)

mjnews.id – Mambangkik batang tarandam, inilah yang bisa digambarkan dari giat krea tifitas dan program tahfidz Al-Quran di kalangan anak-anak dan remaja Kelurahan Sigando, Kecamatan Padang Panjang Timur. 

Keberadaan Masjid Asasi di kelurahan itu, yang merupakan salah satu mas jid tertua di Sumatera Barat dan telah menjadi destinasi wisata religi, menjadi motivasi kuat remaja Sigando untuk melestarikan budaya religi di lingkungannya. 

Pengelola Pojok Baca Saiyo, Defriyeni menyebutkan, kegiatan Remaja Masjid Sigando secara rutin melaksanakan aktifitas setoran hapalan tahfidz (murojaah) setiap hari minggu, sementara untuk kegiatan mengajar tahfidznya dilakukan pada hari Jumat dan Minggu. 

Tak hanya itu, seusai belajar tahfidz Al-Quran pada sore hari, malam harinya remaja-remaja ini melakukan latihan randai, silek, tari dan pidato pasambahan. Ini rutin tiap hari Sabtu dan Minggu, pada malam hari. 

Untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran Covid-19 di masyarakat, selama berkegiatan dan latihan, para remaja Sigando ini tetap mematuhi peraturan yang ada di Protokol Kesehatan. Seperti memakai masker, cuci tangan, dan menjaga jarak.

“Kegiatan ini dilakukan selain untuk mengembangkan budaya religi, juga untuk mengisi waktu para remaja dengan kegiatan yang bermanfaat. Alhamdulillah remaja dan anak-anak Sigando antusias mengikutinya,” ujarnya. 

Ia berharap kegiatan positif yang dilakukan remaja Masjid Sigando ini dapat memotivasi remaja-remaja lainnya dan bisa menjadi panutan bagi masyarakat. 

“Dengan diisi kegiatan positif, insya Allah mereka terjauh dari pergaulan bebas, narkoba dan kenakalan remaja lainnya,” pungkasnya. 

(hms/aa)

Kami Hadir di Google News