Religi

Hebat! Tingkat Melek Alquran di Pasaman Lampaui Target, Meningkat Jadi 96,7 Persen

82
×

Hebat! Tingkat Melek Alquran di Pasaman Lampaui Target, Meningkat Jadi 96,7 Persen

Sebarkan artikel ini
yusuf lubis
Bupati Pasaman, Yusuf Lubis.

mjnews.id – Program tahfiz Quran pada jenjang pendidikan SD, SMP sederajat di Kabupaten Pasaman sukses mewujudkan generasi penghafal Alquran, sejak diresmikan pada 2016 lalu.

“Capaian ini kita peroleh melalui kebijakan pelaksanaan program tahfiz Quran pada jenjang pendidikan SD/MI hingga SMP dan MTs di Pasaman. Ada peningkatan anak usia sekolah yang melek huruf Alquran,” terang Bupati Pasaman, Yusuf Lubis, Senin (16/11/2020).

Pencapaian tersebut, kata Yusuf Lubis, melebihi target yang direncanakan oleh pihaknya, yakni sebesar 96 persen pada tahun ke empat program itu dicanangkan. Berdasarkan hasil perhitungan pihaknya peningkatan anak usia sekolah yang melek huruf Alquran telah mencapai angka 96,7 persen.

“Tujuan program tahfiz Alquran di sekolah-sekolah adalah agar anak bisa membaca Alquran dengan baik dan lancar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid. Karena dengan menghafal Alquran dapat mendorong, membina, dan membimbing anak untuk mencintai Alquran dan mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Dikatakan, program tahfiz Quran di daerah itu mulai terlihat keberhasilannya. Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya anak-anak yang sudah banyak hafalan Alquran.

“Kami melihat anak-anak kita sudah bagus, sudah ada yang pintar mengaji, ada juga yang menghafal Alquran sudah sampai hafalan lima juz bahkan lebih,” tegasnya.

Yusuf Lubis mengingatkan, agar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan setempat tetap konsisten mengelola penyelengaraan program tahfiz Alquran di semua satuan pendidikan. Hal ini sebagai wujud visi agamais pemerintah daerah.

“Kita telah menggulirkan dana sebesar Rp 3 miliar, khusus untuk pembinaan Tahfiz Alquran di semua satuan pendidikan, seperti SD, MI, SMP dan MTs. Ini dilaksanakan sebagai wujud konsistensi Pemda Pasaman membumikan Alquran di kalangan anak sejak dini,” sebutnya.

Selanjutnya, pada misi keagamaan, kata dia, pihaknya juga telah menyelesaikan pembangunan islamic centre di Lubuk Sikaping. Keberadaan islamic centre dimanfaatkan sebagai wadah, sarana dan pusat kegiatan serta kajian agama Islam di daerah itu ke depannya.

(Amri)

Kami Hadir di Google News