Religi

Kantor Kemenag Tanah Datar Gelar Assesment Kompetensi

68
×

Kantor Kemenag Tanah Datar Gelar Assesment Kompetensi

Sebarkan artikel ini
Kantor Kemenag Tanah Datar Gelar Assesment Kompetensi
Pelaksanaan assesment kompetensi di MTsN 6 Tanah Datar disaksikan Kabid Penmad H. Syamsul Arifin, M.Pd bersama Kepala MTsN 6 Eddy Mardafuly. (ist)

mjnews.id – Guna meningkatkan kompetensi dan kualitas, sebanyak 427 tenaga kependidikan madrasah pada jajaran Kantor Kemenag Tanah Datar mengikuti assesment kompetensi.

Kegiatan yang digelar Sabtu-Minggu (21-22 November 2020) itu dilaksanakan pada tiga madrasah sebagai Tempat Assessment Kompetensi (TAK).

Pelaksanaan assesment serentak secara nasional dikunjungi Kanwil Kemenag Sumbar diwakili Kabid Penmad H. Syamsul Arifin, MPd. didampingi Kasi Penmad Kankemenag Tanah Datar H. Hermi Zuldi, MA. serta kepala madrasah pelaksana.

Tentang pelaksaanaan assesment ini, Hermi Zuldi menyebut, pesertanya berasal dari kepala madrasah, pengawas dan guru bidang studi Mapel UN yang digelar secara online.

“Pelaksanaan assesment untuk jajaran tenaga kependidikan madrasah pada Kankemenag Tanah Datar berjalan lancar tanpa gangguan, diikuti sepenuhnya oleh sebanyak 427 peserta mulai dari MI, MTs dan MA,” kata Hermi Zuldi.

Pelaksanaannya yang menggembirakan itu juga berkat dukungan dari koneksi internet dan listrik yang tak terganggu saat itu.

Menurutnya, ada tiga kelompok peserta yang mengikuti, yakni Assesmen Kompetensi Kepala Madrasah (AKKM), Assesmen Kompetensi Pengawas (AKP) dan Assesmen Kompetensi Guru (AKG). Dimana di MAN 1 Tanah Datar dengan 107 peserta, MAN 2 sebanyak 225 dan di MTsN 6 sebanyak 95 peserta.

“Setelah selesainya assesment ini akan terlihat gambaran kompetensi terkait dengan kualitas kepala madrasah, pengawas dan guru, terlihat pemetaan serta adanya rapor yang jelas untuk pengambil kebijakan,” jelasnya.

Sementara, pada dua penanggungjawab TAK, yakni Kepala MAN 2 Sabrimen, MA. dan Kepala MTsN 6 Eddy Mardafuly, MA mengatakan, pelaksanaan assesment di madrasahnya diikuti dengan semangat dan sungguh-sungguh oleh peserta dari pagi hingga petang dengan sejumlah sesi.

“Baik kepala madrasah, pengawas dan guru terlihat bersemangat, sungguh-sungguh dan terlihat sangat peduli dengan profesinya,” timpal Eddy Mardafuly.

(Efrizal)

Kami Hadir di Google News