Polri

IV Nagari Sijunjung Amankan Anak Negeri Bersama Ninik Mamak dan Polri

107
×

IV Nagari Sijunjung Amankan Anak Negeri Bersama Ninik Mamak dan Polri

Sebarkan artikel ini
Iptu Dian James Putra
Kapolsek IV Nagari, Iptu Dian James Putra, SH.

MJNews.id – Kapolsek IV Nagari Polres Sijunjung, Iptu Dian James Putra, SH menggalakkan Kampung Tageh Nagari menyandingkan program kegiatan dengan masing-masing nagari. 

ADVERTISEMENT

banner pemkab muba

Giat dengan Kampung Tageh Nagari, tageh kesehatan-penanganan Covid-19, tageh pendidikan-prokes, tageh pangan-ketahanan pangan dengan giat mensuport masyarakat pertanian, tageh bundo kandung supaya putra-putrinya terlindungi dari Covid-19, tageh informasi berbasis digital, tageh keimanan dan ketaqwaan, dan tageh pemuda paga nagari-generasi muda sebagai pagar nagari. 

Selanjutnya, tageh bencana berupa dalam menghadapi bencana diberikan pemahaman SDM bagaimana menghadapi bencana. Tageh Penegakan Hukum (Gakkum) dan Keamanan, perlu diberlakukan pos ronda bersama babin kamtibmas. 

Tageh Narkoba, dengan Gerakan Anti Narkoba (GAN), supaya dapat mempersempit ruang gerak pelaku narkoba diberantas bersama masyarakat. Termasuk Tageh Bundokanduang dan Ninikmamak, dapat mengayomi semua lini probolema dengan semua peran ninikmamak. 

“Kita bukan mengejar kepastian hukum, tapi yang dikejar berkeadilan, sehingga probolema dalam tubuh masyarakat itu sendiri bisa diselesaikan secara familiar melalui tokoh adat dan ninik mamak,” ulasnya. 

Sehingga konsep penanganan keamanan seperti ini yang diperlukan oleh masyarakat secara program babaliek ka nagari. 

“Peran ninikmamak sangat perlu ditingkatkan, dan Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM). Setiap probolema berlevel kecil dapat diselesaikan oleh ninik mamak sebelum sampai ke tingkat tindakan hukum atau kepolisian,” pungkas Kapolsek mengharapkan.

(Obral Caniago)

Kami Hadir di Google News

ADVERTISEMENT