PolriSumatera Barat

Evaluasi Kinerja, Direktorat Binmas Polda Sumbar Adakan Rakernis

70
×

Evaluasi Kinerja, Direktorat Binmas Polda Sumbar Adakan Rakernis

Sebarkan artikel ini
Direktorat Binmas Polda Sumbar Adakan Rakernis
Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto didampingi Direktur Binmas foto bersama dengan peserta rakernis se Jajaran Polda Sumbar, Rabu 24 Maret 2021. (ist)

MJNews.id – Direktorat Binmas Polda Sumbar menggelar rapat kerja teknis (Rakernis) se Jajaran Polda Sumbar, di Mapolda Sumbar. Rakernis ini dibuka langsung Kapolda Sumbar, Irjen Pol Toni Harmanto, Rabu 24 Maret 2021.

“Kegiatan ‎ini sebagai langkah dalam mengevaluasi kinerja serta mempersiapkan langkah-langkah strategis guna mengimplementasikan sasaran prioritas sesuai dengan tantangan tugas yang dihadapi di lapangan,” kata Irjen Pol Toni Harmanto.

Toni Harmanto mengatakan, melalui kegiatan rakernis ini diharapkan terjadinya perubahan sikap, tingkah laku dan paradigma di jajaran Binmas dalam pelaksanaan tugas di lapangan.

Ke depannya, diharapkan kehadiran Binmas lebih memberi warna untuk memberikan citra Polri yang positif di tengah masyarakat, seperti polisi Bobby di Inggris dan korban di Jepang yang mampu menyelesaikan masalah melalui pendekatan yang menjunjung tinggi kearifan lokal.

“Tentu ini, harapan kita semua untuk mengubah paradigma Polri untuk menjadi mitra kerja masyarakat dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat,” ujar Toni.

Dikatakan, pimpinan Polri menyadari betul kompleksitas pelaksanaan tugas jajaran Binmas. Oleh karena itu, pimpinan Polri memberikan kesempatan yang luar biasa kepada personel jajaran Binmas dan para bhabinkamtibmas yang memenuhi kriteria untuk mengembangkan diri dengan memberikan kesempatan untuk mengikuti pendidikan pembentukan perwira.

“Kita berharap perhatian yang diberikan pimpinan dapat lebih memacu dan memotivasi jajaran Binmas untuk melaksanakan tugas secara tulus dan ikhlas,” katanya.

Dikatakannya, saat ini, negara ini masih dihadapkan dengan pandemi Covid-19, begitu juga Sumbar. Diharapkan jajaran Binmas juga memberikan peran yang luar biasa dalam memberikan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat tentang kepatuhan terhadap protokol kesehatan.

Sejalan dengan itu, terkait dengan telah dicanangkannya program vaksinasi oleh pemerintah, para bhabinkamtibmas diharapkan dapat menyampaikan informasi yang benar kepada masyarakat sehingga target vaksinasi yang diberikan di Provinsi Sumbar dapat terealisasi secara maksimal.

Kemudian, sebagai bagian dalam pemeliharaan kamtibmas para bhabinkamtibmas juga diharapkan memantau isu yang berkembang di tengah masyarakat mulai dari sekecil apapun.‎ Lakukan deteksi dini dan deteksi aksi serta segera carikan solusi terhadap setiap permasalahan yang ada di masyarakat. “Karena kita menyadari betul mencegah lebih baik daripada mengobati,” ujarnya.

Terakhir Toni mengatakan, kepada seluruh peserta rakernis, ada yang perlu ditekankan.

Pertama, terus lakukan kegiatan kepolisian untuk membantu pemerintah dalam menanggulangi Covid-19 dalam bentuk konsistensi dan eksistensi kampung tangguh.

Kedua, kawal dana desa yang ada dan pastikan penggunaannya sebesar-besarnya untuk kepentingan masyarakat yang berdasarkan pada prioritas pembangunan.‎

Ketiga, libatkan dan aktifkan terus peran pokdarkamtibmas sebagai mitra Polri dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat. Keempat, tingkatkan kompetensi dan profesionalitas dalam pelaksanaan tugas.‎

(eds)

Kami Hadir di Google News