PendidikanTNI

Dibuka KASAU, FESA IV 2020 Digelar Secara Virtual

63
×

Dibuka KASAU, FESA IV 2020 Digelar Secara Virtual

Sebarkan artikel ini
kasau
Pengurus Yayasan Ardhya Garini Cabang Lanud Sutan Sjahrir saat mengikuti pembukaan FESA IV 2020 yang dilaksanakan secara virtual. FESA dibuka secara resmi oleh Kasau Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P. (ist)

mjnews.id – Pandemi tidak menyurutkan Yayasan Ardhya Garini (Yasarini) menggelar Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) IV tahun 2020. Acara tersebut dibuka secara virtual oleh Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, S.E, M.P.P., selaku Pembina Yasarani, dan diikuti seluruh Sekolah Angkasa se-Indonesia, Senin (14/12/2020).

Kasau dalam sambutannya mengatakan, Festival Edukasi Sekolah Angkasa telah dilaksanakan sejak beberapa tahun terakhir. Pelaksanaannya tak lain demi mendukung visi Indonesia Unggul, yakni menciptakan generasi Indonesia yang berdaya saing.

Dia berharap dari FESA muncul generasi unggul lewat berbagai perlombaan yang dilakukan, diantaranya Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO), pemilihan Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi, serta Ketua Cabang yang berdedikasi. “Tampilkan lah yang terbaik dari yang dimiliki,” pesannya yang berkesempatan mengalungkan tanda peserta secara virtual pada salah seorang peserta dari Yogyakarta.

Di akhir sambutannya, dia juga berharap, pelaksanaan FESA IV dengan model daring tidak mengurangi makna dari pelaksanaan kegiatan itu.

“Tahun ini, kota laksanakan dengan model daring dan dengan segala keterbatasan, kita harapankan, tujuannya tetap dapat tercapai,” ujarnya.

Sementara itu, Sekolah Angkasa Lanud Sutan Sjahrir mengirimkan 133 siswa perwakilannya dalam Angkasa Mathematic and Science Olympiad (AMSO). Mereka terdiri dari 46 siswa dari SD Angkasa 1, 18 siswa SD Angkasa 2, dan 69 siswa SMP Angkasa. Sedangkan guru dan kepala sekolah diutus masing-masing empat orang.

Dalam AMSO, para pelajar ini akan bersaing menjadi yang terbaik pada mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS yang dipertandingkan. “Seleksi sekolah telah kami laksanakan pada 4 Desember 2020 lalu,” kata salah seorang pengurus Yayasan Ardhya Garini Cabang Lanud Sutan Sjahrir yang mewakili Ketua Cabang, Ny. Dini Medi Rachman.

Secara nasional, para peserta akan mengikuti babak penyisihan menuju final yang dilaksanakan pada 17 Desember 2020 mendatang.

Ketua Panitia FESA IV, Dini Irawan Nurhadi dalam laporannya mengatakan AMSO diikuti 5.030 siswa dari 54 sekolah pada 19 cabang yang ada di Indonesia. Setelah babak penyisihan, yang akan melaju ke final hanya 404 siswa saja.

Kegiatan FESA ini juga akan memilih Ketua Cabang berdedikasi pada tahun ajaran 2020 dengan tujuan utama pembangunan sekolah Angkasa dari segi mutu, kualitas siswa pendidik dan tenaga kependidikan , serta sarana prasarana yang unggul.

Acara virtual pembukaan Festival Edukasi Sekolah Angkasa (FESA) Tahun 2020 juga disaksikan oleh Ketua Umum Yasarini Ibu Nanny Hadi Tjahyanto, dan Wakil Ketua Umum Yasarini Ibu Inong Fajar Prasetyo.

(rel)

Kami Hadir di Google News