Parlemen

Asli Chaidir Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dan Peduli Lingkungan

61
×

Asli Chaidir Minta Masyarakat Tingkatkan Kewaspadaan dan Peduli Lingkungan

Sebarkan artikel ini

asli chaidir
Mhd. Asli Chaidir.
MJNews.id – Anggota Komisi VIII DPR Asli Chaidir meminta masyarakat terus meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan sekitar terutama masyarakat yang berada di wilayah berpotensi terjadinya bencana alam seperti banjir, longsor dan juga gunung merapi.
“Untuk itu kita imbau masyarakat tetap waspada terutama pada lingkungan sekitar. Apalagi di Sumbar, banyak daerah yang rawan bencana. Ini harus diantisipasi sejak dini,” kata Asli di Padang, Minggu (7/2/2021).
Asli juga meminta masyarakat juga harus meningkatkan kepeduliannya dalam menjaga lingkungan agar bencana itu tidak datang. Menurutnya, bencana bisa diatasi sejak dini jika seluruh elemen masyarakat kompak dalam menjaga alam.
“Jika masyarakatnya peduli akan lingkungan, mampu menjaga alam sekitar, maka banjir, tanah longsor dan semacamnya itu bisa terhindar. Tetapi jika lingkungan dan alamnya rusak, maka terjadilah hal semacam itu,” sebut mantan ketua PAN Sumbar dua periode ini.
Dia menekankan tugas menjaga lingkungan dan mengantisipasi terjadinya bencana alam juga harus dipahami oleh masyarakat. Jangan sampai tanggung jawab itu diserahkan seluruhnya kepada pemerintah. Bahkan dengan tekad dan komitmen bersama yang dibangun antara pemerintah dengan masyarakat dan stakeholder lainnya, ancaman bencana itu bisa diminimalisir.
“Bencana tidak bisa dihilangkan, apalagi bencana alam seperti gempa, tsunami, gunung meletus, longsor dan sebagainya.
Asli juga menyebutkan, mindset masyarakat perlu juga diubah, agar memahami bahaya bencana. Ini tanggung jawab bersama. Begitu juga pemerintah harus memberi edukasi secara terus menerus perlu juga, agar masyarakat itu bisa paham terhadap bahaya bencana itu.
Lebih lanjut, katanya, pemerintah juga harus ketat dalam mengeluarkan izin usaha yang efeknya pada lingkungan. Jangan sampai kecerobohan dalam memberikan izin menimbulkan bencana yang pada akhirnya masyarakat yang menanggung dampaknya. “Pemerintah juga harus mengkaji ulang izin usaha terutama pada wilayah yang terdampak dan yang berpotensi menimbulkan bencana alam,” tambahnya.
Anggota DPR Dapil Sumbar I ini juga meminta pemerintah memantau secara cermat pelaksanaan mitigasi dan penanganan bencana alam di sejumlah daerah. Ia menilai, langkah mitigasi penting dilakukan untuk mengurangi jumlah korban sekaligus penanganan dampak bencana dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan.
“Dan yang tak kalah penting, pemerintah harus segera mencari tempat bagi masyarakat yang berada di wilayah rentan terjadinya bencana. Kemudian pemerintah harus merelokasi tempat yang rawan bencana ke daerah yang aman,” kata Asli yang periode sebelumnya juga diamanahkan partai duduk di Komisi VIII.
(eff)

Kami Hadir di Google News