ParlemenWisata

Wakil Ketua DPD RI Ajak Masyarakat Tanimbar Bangun SDM Pariwisata

90
×

Wakil Ketua DPD RI Ajak Masyarakat Tanimbar Bangun SDM Pariwisata

Sebarkan artikel ini
nono sampono
Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono.

SAUMLAKI, MJNews.ID – Wakil Ketua DPD RI, Nono Sampono menyatakan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku harus membangun sumber daya manusia (SDM) guna mengembangkan sektor wisata sehingga mampu mendongkrak perekonomian daerah.

“Saya mengusulkan Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk meningkatkan kualitas SDM khususnya di bidang pariwisata tunuk mengembangkan potensi pariwisata”, ujar Nono Sampono saat menghadiri acara ramah tamah di rumah dinas Bupati Kepulauan Tanimbar, Petrus Fatlolon, Jumat 4 Juni 2021.

Jika wisatawan datang dan lama tinggal di Tanimbar, kata Nono, akan meningkatkan pendapatan masyarakat, terutama pelaku usaha sehingga perekonomian di Tanimbar akan tumbuh.

Nono Sampono menambahkan, untuk mewujudkan kondisi menarik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah wisata, maka daerah wajib memenuhi tiga kriteria. Yakni nyaman dan aman dan bersih.

“Kesadaran masyarakat untuk menjaga keamanan bagi para wisatawan yang datang sangat perlu, supaya wisatawan mau datang kembali sebab jika wisatawan datang, maka uang akan datang dengan sendirinya”, kata Nono.

Dijelaskkan Nono, industri wisata menghasilkan berbagai jenis jasa dan barang yang dibutuhkan para wisatawan yang berkunjung ke salah satu tempat wisata. Selain itu, yang lebih harus diperhatikan yaitu dari sektor transportasi, penginapan, tempat jajanan yang disajikan dari destinasi wisata baik itu destinasi wisata buatan, alami, budaya dan event yang biasa dilakukan.

“Selain itu kebersihan harus diperhatikan, harus bebas dari lalat dan sampah. Supaya orang mau makan disini tidak geli”, tegas Nono.

Tolok ukur ataupun indikator kemajuan suatu pariwisata bisa kita lihat berapa banyak yang berkunjung dan lama berkunjung baik tingkat wisata domestik maupun internasional.

“Inilah ekonomi kreatif yang harus kita kembangkan, menyongsong mulai beroperasinya Blok Masela sehingga masyarakat Tanimbar tidak hanya menjadi penonton” tutup Nono Sampono.

(rls dpd) 

Kami Hadir di Google News