Parlemen

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Muslim M Yatim Bantu Ponpes Dinniyah Pasia Agam

70
×

Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Muslim M Yatim Bantu Ponpes Dinniyah Pasia Agam

Sebarkan artikel ini
Muslim M Yatim Bantu Ponpes
Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim menyerahkan bantuan Al-Qur’an untuk Ponpes Dinniyah Pasia, Agam. (ist)

mjnews.id – Tantangan hidup berbangsa dan bernegara semakin pelik. Karena itu, setiap warga negara mesti memiliki ketahanan kebangsaan dengan pemahaman pada Empat Pilar Kebangsaan.

Hal itu diungkapkan oleh Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan, Senin (9/11/2020) di Aula Tanjung Alam, Kabupaten Agam. Kegiatan yang dihadiri oleh berbagai elemen masyarakat itu juga menampilkan mantan Ketua DPRD Agam, Yandril sebagai pemateri.

Muslim M. Yatim menyebutkan tantangan kebangsaan itu sangat terlihat dalam kehidupan sehari-hari. Terutama, dalam aktivitas masyarakat sekarang yang kerap berinteraksi di media sosial.

“Di medsos kita lihat begitu mudah orang mencaci-makin, menghina dan merendahkan suku dan agama. Ini sikap-sikap yang bertentangan dengan Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” ujar Muslim.

Mantan anggota DPRD Sumbar ini menekankan pemahaman Empat Pilar Kebangsaan harus selalu ditingkatkan. Hal itu karena, perubahan zaman menghadirkan tantangan yang lebih pelik. Sebelum zaman medsos, masyarakat tak mudah dipecah-belah oleh isu. Sekarang, isu bisa muncul kapan saja dan memberi dampak yang luas.

Pemahaman terhadap Empat Pilar Kebangsaan menurut Muslim M. Yatim harus selalu diperbaharui sesuai dengan perkembangan zaman. “Dari pemahaman itu, implementasi Empat Pilar Kebangsaan akan lebih baik lagi,” tambah Muslim.

Sementara itu, mantan Ketua DPRD Agam, Yandril lebih dalam lagi memaparkan tentang Empat Pilar Kebangsaan, meliputi Pancasila, Undang-undang Dasar 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan Bhineka Tunggal Ika.

“Empat Pilar Kebangsaan merupakan harga mati,” tegas Yandril.

Anggota DPD-RI, Muslim M. Yatim tak hanya mengikuti agenda Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan. Selepas acara sosialisasi, senator asal Sumatera Barat itu mengunjungi Pondok Pesantren Dinniyah Pasia. Di sana, Muslim M. Yatim pimpinan Ponpes, Ustad Nawazir.

Sebagai anggota Komite III DPD-RI yang salah satu mitranya adalah Kementerian Agama, Muslim M. Yatim sangat menyokong keberadaan Ponpes Dinniyah Pasia, baik pembangunan fisik dan pendidikan santri-santrinya. Pada kesempatan itu, Muslim M. Yatim menyerahkan bantuan 100 Al-Qur’an.

(zal)

Kami Hadir di Google News