Infrastruktur

Buka Jalan Usaha Tani dengan Sistem PKTD di Salareh Aia Palembayan

117
×

Buka Jalan Usaha Tani dengan Sistem PKTD di Salareh Aia Palembayan

Sebarkan artikel ini
Buka Jalan Usaha Tani dengan Sistem PKTD di Salareh Aia Palembayan
Buka Jalan Usaha Tani dengan Sistem PKTD di Salareh Aia Palembayan.

AGAM, MJNews.ID – Pemerintah Nagari (Pemnag) Salareh Aia, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, buka jalan usaha tani dengan sistem Padat Karya Tunai Desa (PKTD), di Jorong Tompek sepanjang 120 meter.
Sekretaris Nagari Salareh Aia, Silvia Dewita, Kamis 29 Juli 2021, mengatakan, pembukaan jalan ini sudah dilaksanakan sejak empat hari lalu, yang kondisinya kini tinggal membuat bandar dan coral melalui swadaya masyarakat.
“Jalan ini dibuka sepanjang 120 meter dengan lebar 2,5 meter, diperkirakan dua hari lagi sudah finish,” ujarnya.
Dikatakan Silvia, pembukaan jalan ini sebelumnya sempat menggunakan alat berat, karena kondisi lahan cukup terjal. Kemudian dilanjutkan dengan sistem PKTD yang pekerjanya dari warga sekitar, setiap harinya capai 25-30 orang.
“Pagu anggaran pembukaan jalan ini sebesar Rp20 juta, 50 persennya upah pekerja,” sebut Silvia.
Ia menjelaskan, jalan ini merupakan jalan menuju lahan pertanian masyarakat, yang kondisi jalan sebelumnya cukup terjal sehingga petani sulit untuk mengangkut hasil pertaniannya.
Dengan kondisi itu, petani harus mengeluarkan biaya lansir cukup besar, sebab posisi jalan untuk mengangkut hasil pertanian terdapat tanjakan yang berisiko tinggi bagi petani.
“Alhamdulillah, warga bersedia membebaskan lahan untuk pembukaan jalan yang akan berikan kemudian bagi petani dalam mengakut hasil pertanian mereka nantinya,” katanya.
Ke depan, pemerintah nagari juga berencana akan melakukan peningkatan terhadap jalan yang dibuka itu.
(emg)

Kami Hadir di Google News