Infrastruktur

Bupati Padang Pariaman Tinjau Kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang

96
×

Bupati Padang Pariaman Tinjau Kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang

Sebarkan artikel ini
Bupati Padang Pariaman Tinjau Kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang
Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur meninjau kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang di Korong Lancang Nagari III Aur Melintang Selatan Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kamis 20 Mei 2021.

PADANG PARIAMAN, MJNews.id – Bupati Padang Pariaman, Suhatri Bur meninjau kerusakan Irigasi Kapalo Banda Piliang di Korong Lancang Nagari III Aur Melintang Selatan Kecamatan IV Koto Aur Malintang, Kamis 20 Mei 2021.

Dengan menempuh perjalanan sejauh 10 Km dari pasar Sungai Geringging, ke Simpang Lancang, dan berjalan kaki sejauh lebih kurang 1,5 Km, menelusuri perbukitan Korong Lancang, Bupati barulah sampai di lokasi irigasi yang mengalami kerusakan.

“Kita telah lama mendengar permasalahan irigasi Kapalo Banda Piliang ini tak kunjung teratasi, oleh karena itulah kita cek langsung ke lapangan dan kini menyaksikan langsung kerusakan irigasi tersebut,” kata Suhatri Bur.

Setelah ini, Kepala Dinas PUPR diminta turun langsung menyurvei lokasi, untuk menghitung perencanaan perbaikan kerusakan irigasi, juga menginstruksikan DAK tahun 2022 dialokasikan untuk perbaikannya.

Suhatri Bur berterimakasih kepada masyarakat IV Koto Aur Malintang baik di ranah maupun di rantau yang telah “badoncek” untuk mengatasi sementara kerusakan Kapalo Banda Piliang ini dengan total sumbangan mencapai Rp 80 juta. 

Pada kesempatan tersebut, Bupati ikut “badoncek” atas nama pribadi dan rombongan, bukan atas nama Bupati.

 

“Jika atas nama Bupati telah instruksikan Kadis PUPR dan Kabid PSDA untuk survey langsung dan menghitung perencanaannya,” kata dia. 

Koordinator Penyuluh Kecamatan Aur Malintang, M. Radi, bahwa irigasi Kapalo Banda Piliang mengairi 325 hektare lahan pertanian.

 

Selain itu juga sebagai sumber air utama Balai Benih Ikan (BBI) Aur Malintang, persis berada di simpang lancang. Diharapkan irigasi ini dapat di revitalisasi total, sehingga masyarakat dapat kesawah sepanjang tahun. 

Bupati dalam tinjau lapangan itu didampingi Rudi Rilis Kadis Perizinan Padang Pariaman, Kabag Humas dan protokol, Anton Wira Tanjung dan sejumlah pejabat lainya.

(rls/aa) 

Kami Hadir di Google News