Bola

Tumbangkan Chelsea, Leicester City Raih Piala FA Perdana

80
×

Tumbangkan Chelsea, Leicester City Raih Piala FA Perdana

Sebarkan artikel ini
leicester city juara piala fa perdana
Leicester City Raih Piala FA Perdana.

MJNews.id – Leicester City akhirnya pecah telur dalam perburuan meraih trofi Piala FA musim 2020/21. Di laga final Leicester City menumbangkan tim favorit juara, Chelsea 1-0 di Wembley, London, Minggu 16 Mei 2021 dini hari WIB. Itu menjadi keberhasilan pertama Leicester menutup penampilan di final Piala FA dengan mengangkat kompetisi sepakbola tertua di dunia tersebut.

Leicester selalu gagal dalam empat percobaan sebelumnya. Leicester tercatat menjadi tim ke-44 yang pernah merasakan menjuarai Piala FA sejak kompetisi itu pertama kali dimainkan pada 1871/82.

Brendan Rodgers, yang mempersembahkan trofi pertamanya bagi Leicester sekaligus sukses menghapuskan reputasi The Foxes sebagai tim yang paling sering gagal di final Piala FA tanpa pernah menjuarainya.

Sebaliknya bagi Chelsea, kekalahan kali ini menjadi kenyataan yang memilukan. Sebab, mereka dua tahun beruntun main di final, tetapi selalu menyaksikan lawannya melakoni seremoni pengangkatan trofi di pengujung laga.

Dalam lima tahun terakhir, Chelsea tampil di empat final Piala FA, tetapi hanya sekali menjadi juara ketika mengangkat trofi kedelapannya pada 2017/18. Di sisi lain, Leicester mengikuti jejak Wigan Athletic sebagai tim di luar kelompok enam besar Liga Inggris yang menjuarai Piala FA dalam satu dasawarsa terakhir.

Kibarkan Bendera

Dua pemain Leicester City yakni Hamza Choudhury dan Kun mengibarkan bendera Palestina setelah mereka memenangkan Piala FA. Dalam perayaan kemenangan, Choudhury dan Fofana berlari memegang bendera Palestina. Saat prosesi pengambilan medali.

Dikutip dari Daily Mail, hal itu merupakan bentuk solidaritas bagi rakyat Palestina di tengah konflik dengan Israel yang semakin memanas dalam satu pekan terakhir.

Gol tunggal kemenangan Leicester dicetak oleh Youri Tielemans di menit ke-63.

Wesley Fofana sendiri bermain sebagai pemain inti dan tampil hingga laga berakhir sedangkan Hamza Choudhury masuk ke lapangan sebagai pemain pengganti di menit ke-82.

Kemenangan di final Piala FA ini juga membuat Leicester generasi Jamie Vardy dan kawan-kawan memenangkan trofi kedua setelah sebelumnya mereka membuat kejutan dengan juara Liga Inggris di 2015/2016.

Sementara itu kekalahan di final Piala FA membuat ambisi The Blues memenangkan dua gelar musim ini menjadi pupus. Kini Chelsea masih bisa berharap meraih trofi Liga Champions di akhir musim.

Chelsea akan menghadapi Manchester City di final Liga Champions pada 29 Mei mendatang.

Berikut daftar juara Piala FA satu dasawarsa terakhir:

2020/21 Leicester City, 2019/20 Arsenal, 2018/19 Manchester City, 2017/18 Chelsea, 2016/17 Arsenal, 2015/16 Manchester United, 2014/15 Arsenal, 2013/14 Arsenal, 2012/13 Wigan, 2011/12 Chelsea.

(***) 

Kami Hadir di Google News