Berita

Curah Hujan Tinggi, Badan Jalan di Kota Sawahlunto Amblas

80
×

Curah Hujan Tinggi, Badan Jalan di Kota Sawahlunto Amblas

Sebarkan artikel ini
Badan Jalan di Kota Sawahlunto Amblas
Badan jalan di Dusun Koto, Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto, amblas akibat curah hujan tinggi, Senin (23/11/2020) malam. (ist)

mjnews.id – Akibat tingginya curah hujan, membuat badan jalan amblas di Dusun Koto, Desa Talago Gunung, Kecamatan Barangin, Kota Sawahlunto. Kejadian pada, Senin (23/11/2020) malam itu, nyaris memutuskan jalan menuju Dusun Koto – Sibarambang, Kabupaten Solok.

Pantauan di lokasi kejadian Selasa (24/11/2020) pagi, selain mengancam badan jalan, dam longsor itu mengancam sebuah rumah penduduk dan gudang kelompok tani, hanya empat meter dari lokasi kejadian.

Kalau tidak ditangani segera dengan kondisi curah hujan yang masih berlangsung sepanjang Selasa siang hingga malam kemarin, dikhawatirkan dapat memutus badan jalan yang satu-satunya menuju dusun tersebut yang menghubungkan Sawahlunto dengan daerah tetangga Kabupaten Solok di Sibarambang.

Tim Teknis dari PUPR Kota Sawahlunto, Rico, ketika dikonfirmasi di lokasi kejadian menyatakan, longsor badan jalan itu disamping dipicu hujan lebat juga adanya rembesan air yang mengalir dibawah badan jalan yang bersumber dari rumah penduduk dan saluran Pamsimas.

“Untuk mengatasi agar tidak terjadi terban susulan yang dapat memutus badan jalan, kami membuat saluran mengarahkan air di bibir aspal sehingga air hujan yang mengalir tidak menghantam dinding tebing yang langsung setali dengan badan jalan tersebut,” papar Rico.

Sementara kerugian yang diderita akibat longsor badan jalan amblas itu sekitar Rp70 juta lebih. Diupayakan perbaikan total sekitar Januari mendatang, sebab anggaran sekarang sudah tidak tersedia lagi sekaligus membuat dam penahan jalan setinggi delapan meter itu.

Sementara itu, Camat Barangin Subandi, menyatakan agar warga sekitar jalan terban itu harus waspada mengingat kondisi cuaca ekstrem dengan curah hujan tinggi masih terjadi hampir setiap siang dan malam saat ini.

Dalam kesempatan itu, Camat memerintahkan Kepala Desa Talago Gunung untuk segera membuat surat ke Dinas PUPR dan BPBD Kesbangpol sebagai dasar untuk anggaran perbaikan jalan tersebut.

(rfd)

Kami Hadir di Google News