Berita

Kehadiran Ormas Kepemudaan Harus Berikan Dampak Positif

80
×

Kehadiran Ormas Kepemudaan Harus Berikan Dampak Positif

Sebarkan artikel ini
Kegiatan pemberdayaan LSK
Kegiatan pemberdayaan Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSK) di Aula Abu Bakar Jaar Kantor Walikota Padang. (ist)

mjnews.id – Ormas kepemudaan khususnya di Padang harus mampu menumbuhkembangkan kehidupan demokrasi di tengah-tengah masyarakat, sekaligus menciptakan stabilitas daerah yang kondusif.

Hal itu dikatakan Plt. Walikota Hendri Septa dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kasi Politik dan Kewaspadaan Nasional Kesbangpol Padang, Eri Jasman pada kegiatan Pemberdayaan Lembaga Sosial Kemasyarakatan (LSK) di Aula Abu Bakar Jaar Kantor Walikota Padang, baru-baru ini.

Disebutkannya, di Padang cukup banyak ormas kepemudaan dan dilakukan pembinaan secara berkala oleh Pemko Padang. Salah satunya ormas kepemudaan Pemuda Pancasila yang dilakukan pemberdayaan.

“Kita sangat mengharapkan kehadiran organisasi kepemudaan memberikan dampak positif terhadap daerah dimana berada. Jangan sampai keberadaannya malah menciptakan kekacauan di tengah-tengah masyarakat,” ujar Eri Jasman.

Disebutkannya, di masa pandemi Covid-19 ini sangat diharapkan partisipasi lembaga sosial kemasyarakatan untuk mensosialisasikan pola kehidupan baru yang telah ditetapkan Pemko Padang dengan Perwako No. 49 Tahun 2020.

Kegiatan ini mengangkat tema Kebersamaan dan Peran Serta Pemuda Pancasila Dalam Penanganan Gangguan Ketertiban Umum dan Pencegahan Penyebaran Covid-19.

Dikatakan, kebebasan berorganisasi dan menyatakan pendapat yang dijamin konsititusi tidak berarti memberi kebebasan tanpa batas dalam berorganisasi. Kegiatan organisasi harus relevan dengan ketentuan perundang-undangan yang telah digariskan dan tidak mengganggu ketertiban umum.

Karena itu, kegiatan ini diadakan untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran Pemuda Pancasila sebagai salah satu ormas terhadap hak dan kewajiban. Serta memberdayakan lembaga sosial kemasyarakatan untuk berperan serta dalam berbagai program pembangunan kehidupan demokratis di tengah-tengah masyarakat Padang.

Di samping itu juga dapat berperan serta secara sinergitas dalam penanganan gangguan ketertiban umum dan pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semoga materi yang disampaikan dapat dipahami dan dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari,” harap Eri Jasman.

Eri Jasman menambahkan, kegiatan ini diikuti 66 orang dari unsur Pemuda Pancasila Koto Tangah. Dengan mendatangkan narasumber dari Kodim 0312 Padang, Kakan Kesbangpol Sumbar, Kepala Badan Kesbangpol Sumbar dan Polresta Padang.

(eds)

Kami Hadir di Google News