Berita

Tertibkan Adminduk, Dukcapil Pasaman Jalin Kerja Sama dengan Gereja HKBP Panti

81
×

Tertibkan Adminduk, Dukcapil Pasaman Jalin Kerja Sama dengan Gereja HKBP Panti

Sebarkan artikel ini
Dukcapil Pasaman Jalin Kerja Sama dengan Gereja HKBP Panti

mjnews.id – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasaman bekerjasama dengan Gereja HKBP Panti. Kerjasama ini dalam rangka ketertiban administrasi kependudukan (adminduk).

Kepala Disdukcapil Pasaman, Sukardi didampingi jajaran dan Pendeta Gereja HKBP Panti, Daniel Siagian mengatakan, kerjasama kemitraan dalam administrasi kependudukan ini juga bertujuan untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada semua masyarakat tanpa pandang bulu.

“Kerjasama ini sebenarnya sudah kami bincang-bincang beberapa waktu sebelumnya dalam rangka meningkatkan pelayanan administrasi kependudukan secara menyeluruh kesemua lini lapisan masyarakat, sehingga dengan adanya kerjasama kemitraan ini akan memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan administrasi kependudukan,” terang Sukardi didampingi Sekretaris Disdukcapil, Eko Syafrianto, Rabu (2/12/2020).

Adapun program pertama yang dicetuskan Disdukcapil Pasaman bersama Gereja HKBP Panti kata Sukardi, yaitu pembuatan akta perkawinan di Gereja (Takaja).

“Di masa pandemi Covid-19 ini, tetap kita cetuskan kegiatan dan terobosan pelayanan Adminduk kepada masyarakat. Ini merupakan suatu kebanggaan bagi masyarakat Pasaman, khususnya jemaat kristiani yang diberikan kemudahan layanan ini. Kedepan, mulai hari ini tidak ada lagi kendala berarti yang ditemui masyarakat saat pengurusan administrasi penduduknya,” tambahnya.

Ke depannya, kata dia, akan ditunjuk salah seorang jemaat yang nantinya akan diberi pembekalan dalam pengurusan administrasi kependudukan. “Bisa saja setelah kegiatan di Gereja dan berkas adminduknya dibawa langsung ke mobil pelayanan Disdukcapil di Gereja HKBP Panti. Namun ada yang lebih simpel, yaitu di nagari sudah melakukan pelayanan online kependudukan dan bisa langsung cetak di Gereja,” katanya.

Ia berharap kerjasama yang dibangun ini tidak hanya berjalan secara seremonial semata. “Dengan hadirnya pelayanan ini hendaknya memudahkan maayarakat dalam mendapatkan administrasi kependudukannya tanpa harus datang langsung ke Disdukcapil. Kemudian, dalam rangka memudahkan layanan Adminduk, juga sudah kita lakukan kerjasama serupa dengan pihak Rutan, Kemenag, pelayanan ke kampung-kampung hingga mendatangi orang yang sakit,” ungkapnya.

(Amri)

Kami Hadir di Google News