Berita

Polres Solok Meralat, Korban Meninggal Kecelakaan Tragis di Koto Gadang Guguak Hanya Satu orang

102
×

Polres Solok Meralat, Korban Meninggal Kecelakaan Tragis di Koto Gadang Guguak Hanya Satu orang

Sebarkan artikel ini
evakuasi korban dan mengurai kemacetan
Kasatlantas Polres Solok Arosuka, IPTU Hidayanda Rizki bersama jajarannya bekerja ekstra melakukan evakuasi korban dan mengurai kemacetan saat terjadi kecelakaan tragis di ruas jalan Solok-Padang, Km 18 di Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu 17 Maret 2021. (ist)

MJNews.id – Kecelakaan tragis yang melibatkan sebuah mobil dumb truck Hino dengan sejumlah kendaraan bermotor di Jalan Lintas Solok-Padang Km 18 di Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok, Rabu 17 Maret 2021, menyebabkan seorang pemotor meninggal dunia, dua orang luka berat dan empat lainnya luka ringan.

Kapolres Solok, AKBP Azhar Nugroho melalui Kasat Lantas IPTU Hidayanda Rizki, SH melalui keterangan tertulisnya yang diterima, Kamis 18 Maret 2021 menyebutkan, korban yang meninggal dunia, Regina Sukma Lega (24) alamat Simpang Rumbio Kecamatan Lubuk Sikarah, Kota Solok. Korban meninggal di tempat karena terhimpit badan truk dengan kondisi mengenaskan.

“Korban yang meninggal satu orang, bukan dua orang sebagaimana informasi yang berkembang. Sedangkan yang mengalami luka berat adalah Dwi Resti Fauzia (18), warga Talang, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok. Kemudian Sari Yulia Novita (17) pelajar, warga Nagari Koto Gaek Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kabupaten Solok,” sebut Kasatlantas IPTU Hidayanda Rizki. 

Kemudian empat orang korban yang mengalami luka ringan adalah; (1) Ferry Aidan Akmar Rambe (41), pekerjaan buruh harian lepas, warga Jalan Sakura III LK XI Blok XIX Nomor 62 RT.02 RW.011 Kel. Helvetia Kec. Medan Helvetia. (2) Asta Kurnia (42), pekerjaan dagang, alamat Jalan Banda Ubo No. 25 Perum Batu Kubung Kec. Kubung, Kab. Solok. (3) Musahar (66), warga Jorong Pasar Baru, Nagari Koto Gadang Guguak, Gunung Talang, Kab. Solok. (4) Delkrisdel Petro (29), alamat Jorong Guguak, Nagari Koto Gadang Guguak, Kecamatan Gunung Talang, Kab. Solok.

Ihkwal terjadinya kecelakaan yang menimbulkan korban jiwa itu, dijelaskan Rizky, terjadi sekira pukul 16.30 WIB saat kondisi jalan dalam keadaan ramai lalu lintas. Bermula dari mobil dumb truck Hino B 9479 PYX yang dikemudikan Ferry Aidan Akmar Rambe datang dari arah Padang menuju Solok.

Sesampainya di TKP (Tempat Kejadian Perkara) dengan situasi jalan yang menurun, mobil dump truck tersebut mengalami rem blong dan kemudian hilang kendali serta tidak dapat di hentikan.

Saat bersamaan, datang tiga unit sepeda motor PCX BA 5605 PF yang dikendarai Regina Sukma Lega, kemudian motor beat BA 5512 HA yang dikendari Dwi Resti Fauzia dengan memboncengi Sari Yulia Novita dan motor Honda Beat BA 6789 HY yang dibawa. Asta Kurnia, yang bersama-sama mendahului mobil dump truck dari arah yang bersamaan.

Karena dump truck mengalami masalah rem, sopir membelokkan kendaraan ke kiri sehingga menabrak pengendara motor PCX BA 5605 PF Regina Sukma Lega, hingga korban tersebut terjatuh dari motor yang dikendarainya. 

Begitu pengendara motor PCX terjatuh, kemudian sopir dump truck membanting stir ke kanan, hingga rebah dan menghimpit pengendara motor PCX, hingga lengser ke depan serta menabrak pengendara Honda Beat BA 5512 HA Dwi Resti Fauzia dan pengendara motor Honda Beat BA 6789 HY, Asta Kurnia

Karena kondisi mobil dump truck memasuki lajur lawan, korban susulan tidak terelakkan. Mobil dum truk nahas itu juga menabrak lagi dua kendaranan sepeda motor Yamaha Mio BA 3636 HM dan Honda Scopy BA 3646 HD yang saat itu sedang diperbaiki di bengkel yang berda dibahu jalan.

“Akibat kecelakaan ini, Regina Sukma Lega yang mengendarai Honda PCX BA 5605 PF meninggal dunia. Sedangkan sopir dump truck beserta pengendara motor lainnya mengalami luka berat dan ringan,” sebut Rizky.

Terhadap korban, sebut Kasatlantas Polres Solok Arosuka, langsung dilarikan ke RSUD Arosuka, sedangkan kendaraan yang terlibat kecelakaan telah diamankan di Sat Lantas Polres Solok.

Hidayanda Rizky mengimbau, para pengemudi yang melintasi wilayah Solok kabupaten, agar selalu berhati-hati. Ia mengingatkan, karena kondisi jalan banyak tikungan, turunan, dan tanjakan yang tajam.

“Apalagi saat curah hujan meningkat jalan licin, pastikan kondisi rem kendaraan dalam kondisi baik dan patuhi aturan berlalu lintas,” ingatnya.

(yas)

Kami Hadir di Google News