Berita

Ini Hasil UTBK Gelombang I di Universitas Andalas

91
×

Ini Hasil UTBK Gelombang I di Universitas Andalas

Sebarkan artikel ini
UTBK Gelombang I di Unand

MJNews.id – Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Gelombang I di Universitas Andalas (Unand) berjalan lancar dan tertib.

Hal itu dikatakan Rektor Unand, Prof. Yuliandri saat memantau pelaksanaan UTBK pada hari terakhir gelombang I, Minggu 18 April 2021.

Rektor mengungkapkan, Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) se Indonesia diselenggarakan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) salah satunya melalui Jalur SBMPTN.

“Pelaksanaan UTBK Gelombang I di Unand secara umum, berjalan dengan lancar, aman dan tertib dengan mengacu kepada standar Protokol Kesehatan (Prokes),” sambungnya.

Lebih lanjut, disampaikannya Unand pada 2021 menerima calon mahasiswa melalui jalur SBMPTN sebanyak 40 persen dari daya tampung, atau sekitar 2.586 orang.

Sementara itu, staf ahli Rektor Bidang Akademik, Syofyan mengatakan pelaksanaan UTBK gelombang I telah dilaksanakan mulai 12 April hingga 18 April, yang tiap harinya dibagi atas dua sesi, yakni sesi pagi 07.15 sampai dengan 10.30 WIB, dan sesi siang 13.30 sampai dengan 16.45 WIB.

Adapun jumlah total peserta yang terdaftar ikut UTBK di Universitas Andalas gelombang I disampaikannya sebanyak 6.974 orang, dengan jumlah peserta yang hadir 6.594 orang atau sekitar 94,55 persen, sedangkan yang tidak hadir sebanyak 380 orang atau sekitar 5,45 persen.

“Ujian dilaksanakan pada sembilan titik lokasi di Kampus Unand Limau Manis dan Kampus Unand Jati yang tersebar pada 52 ruang ujian atau labor komputer,” ujarnya.

Diketahui juga, peserta yang mengikuti UTBK dibagi atas tiga kelompok ujian yakni kelompok Sains dan Teknologi (Saintek), kelompok Sosial dan Humaniora (Soshum), dan kelompok Saintek dan Soshum (Campuran).

Materi UTBK terdiri atas dua jenis tes yaitu Tes Potensi Skolastik (TPS) dan Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang dilaksanakan dalam dua gelombang.

“Gelombang II akan dilaksanakan pada tanggal 26 April sampai 2 Mei mendatang, dengan jumlah peserta yang terdaftar sebanyak 5.680 orang,” ungkapnya. 

Lebih lanjut dikatakannya, untuk pengumuman hasil SBMPTN gelombang I dan II akan dilaksanakan pada 14 Juni 2021 pukul 15.00 WIB.

(rls)

Kami Hadir di Google News