Berita

PMI Pariaman Adakan Musyawarah Kota III

79
×

PMI Pariaman Adakan Musyawarah Kota III

Sebarkan artikel ini
Musyawarah Kota III Kota Pariaman
Foto bersama usai pembukaan musyawarah PMI Kota Pariaman. (humas)

PARIAMAN, MJNews.id – Wali Kota Genius Umar buka Musyawarah Kota III PMI Pariaman, Senin 31 Mei 2021. Walikota Pariaman, Genius Umar memberikan apresiasi Kinerja PMI selama ini. 

Musyawarah berlangsung di Balairung rumah dinas walikota. “PMI selama ini banyak memberikan manfaat bagi masyarakat, baik tentang kebencanaan maupun kesehatan. Apalagi pada masa pandemi, PMI mempunyai peranan krusial dalam mengantisipasi penyebaran meluasnya virus Corona,” ujarnya.

Genius Umar menuturkan, ada empat tugas pokok PMI yang perlu dipahami para anggota dan relawan. “Pertama, tentang kesiapsiagaan bantuan dan penanggulangan bencana, kedua pelatihan pertolongan pertama untuk sukarelawan, ketiga pelayanan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat dan keempat pelayanan transfusi darah,” tuturnya yang dikutip dari laman pemerintah kota.

Peran PMI membantu pemerintah di bidang sosial kemanusiaan, terutama tugas kepalang merahan, sehingga peranan mereka terasa manfaatnya oleh masyarakat dan wisatawan yang telah bertugas dengan baik selama ini.

Dia menuturkan, bagaimana PMI dapat mendampingi petugas Polisi Pamong Praja dan BPBD, dalam memberikan pelatihan, bersama dengan Dinas Kesehatan, tentang pertolongan pertama kepada orang yang membutuhkan nantinya.

“PMI berada di garda terdepan, mulai dari penyiapan petugas di posko-posko perbatasan, sampai ikut keliling dalam mensosialisasikan bahaya Covid-19 serta mencegah penyebarannya dengan turunnya relawan PMI ke masyarakat,” katanya.

(hms/sul) 

Kami Hadir di Google News