Berita

Dinas Arpus Agam Apresiasi Posyantek Petir Nagari Duo Koto

79
×

Dinas Arpus Agam Apresiasi Posyantek Petir Nagari Duo Koto

Sebarkan artikel ini
Dinas Arpus Agam Apresiasi Posyantek Petir Nagari Duo Koto
Dinas Arpus Agam Apresiasi Posyantek Petir Nagari Duo Koto.

Lubuk Basung, MJNews.ID – Pos Pelayanan Teknologi (Posyantek) Petir Nagari Duo Koto kembali mendapat apresiasi dan penghargaan dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Kabupaten Agam. 
Usai menerima penghargaan dari Dinas Pertanian, Posyantek kebanggaan Nagari Duo Koto itu, kembali menerima penghargaan dari Dinas Arsip dan Perpustakaan (Arpus) Kabupaten Agam yang langsung diserahkan Kepala Dinas M Arsyid kepada Wali Nagari Joni Safri, di Lubuk Basung, Rabu 23 Juni 2021.
Penghargaan tersebut diberikan oleh Dinas Arpus, karena posyantek tersebut bekerjasama dengan Rumah Pintar Tunas Muda berhasil mengembangkan perpustakaan berbasis inklusi sosial, dimana telah membantu mencarikan solusi terhadap permasalahan yang dihadapi warga masyarakat. 
Joni Safri, usai menerima penghargaan itu, mengatakan, terima kasih pada Kepala Dinas Arpus Kabupaten Agam yang sudah memberikan perhatian dan apresiasi pada Posyantek Petir Nagari Duo Koto.
“Penghargaan ini bisa lebih memacu semangat rekan-rekan Posyantek Petir untuk terus berkarya menciptakan dan memodifikasi alat untuk membantu kebutuhan warga,” ujarnya.
Motor Pintar Posyantek Petir Nagari Duo Koto
Motor Pintar Posyantek Petir Nagari Duo Koto.

Saat ini, kata Joni Safri, Posyantek Petir membuat “Motor Pintar” sebuah sepeda motor roda tiga yang dimodifikasi sedemikan rupa sehingga bisa berfungsi untuk pemadam kebakaran (damkar), membatu mengairi lahan pertanian dan membersihkan material bekas banjir atau longsor serta bencana alam lainnya.
Untuk ke depan, lanjut wali nagari yang ramah itu, bakal menghadirkan pustaka keliling digital dari memodifikasi becak motor milik nagari.
“Pustaka keliling digital ini berupa becak motor yang dimodifikasi. Di dalamnya terdapat layar monitor, keyboard dan mouse seperti layaknya komputer yang bisa digunakan untuk mengakses buku-buku digital koleksi rumah pintar, serta kumpulan video tutorial,” ungkapnya.
Tidak hanya itu, tambah dia, pada becak motor ini, nantinya juga dipasang jaringan wifi untuk akses internet bagi masyarakat yang berada dalam pelayanan pustaka keliling.
Becak motor yang juga dilengkapi dengan printer ini, bakal menjadi motor pelayanan nagari keliling. Dimana warga yang ingin mengurus surat-surat ke nagari, seperti surat keterangan tidak mampu atau surat keterangan lainnya, bisa dilayani oleh becak motor keliling ini.
“Tentunya data pada becak motor keliling ini telah terintegrasi dengan data yang ada di kantor wali nagari,” ujarnya.
Saat ini, tambah dia, becak motor tersebut dalam proses perakitan. “Kita terus bergerak pelan saja, karena terkendala pendanaan yang masih bersifat swadaya,” ungkapnya mengakhiri.
(Emmil Guci)

Kami Hadir di Google News