Berita

Irigasi Banyak Rusak, Petani Sungai Limau Gagal Panen Lagi

154
×

Irigasi Banyak Rusak, Petani Sungai Limau Gagal Panen Lagi

Sebarkan artikel ini
saluran irigasi di Kecamatan Sungai Limau rusak
Salah satu saluran irigasi di Kecamatan Sungai Limau rusak.

Padang Pariaman, MJNews.ID – Ratusan hektare sawah yang tersebar di Kecamatan Sungai Limau, Padang Pariaman, mengalami gagal panen untuk yang kedua kalinya. 
Penyebabnya banyak saluran irigasi yang rusak di beberapa kawasan membuat petani rentan gagal panen.
Warga penggarap sawah mengeluhkan rusaknya jaringan irigasi. Padahal, sektor pertanian merupakan sektor penggerak ekonomi kerakyatan di daerah itu. 
Petani menanam padi dengan cara tadah hujan, kini tidak bisa berbuat banyak lagi apa yang mereka harapkan dari bertani.
Kini harapan pupus sudah, ditambah lagi deraan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai. Hal ini terlihat dari panulusuran media ini di kawasan pertanian masyarakat Nagari Pilubang, Sungai limau, Sabtu 24 Juli 2021, terlihat padi yang tumbuh, mati dengan sendirinya dan rusak tidak mau tumbuh seperti biasanya.
Penyebabnya di serang hama wereng, keong dan rusaknya saluran irigasi di kawasan petani tersebut. Para petani berusaha memanen padinya masih tersisa, meskipun buah padi kelihatan bernas, lebih banyak yang hampa atau tidak berisi.
Akibat kegagalan panen ini, warga mengalami kerugian ratusan juta rupiah. Kini mereka tidak tahu lagi, kemana harus mengadu, karena kondisi situasi terkini. Mereka tidak dapat petunjuk dari instansi terkait, untuk menanggulanginya.
Sedangkan untuk bercocok tanam kembali, mereka dihadapkan dengan permasalahan yang sama. Petani kecil ini berharap kepada pihak pemerintah, untuk keluar dari permasalahan yang mereka hadapi itu. 
Mulyadi, petani di kawasan itu menyebutkan ia tidak bisa berbuat banyak. Apa yang ia harapkan dari bertani, kini pupus sudah. Ditambah deraan pandemi Covid-19 yang tak kunjung usai.
“Kami sudah tiga kali panen, namun yang kami panen hari ini sama dengan hasil belakang ini. Hal ini disebabkan hama wereng dan rusaknya irigasi pertanian kami,” kata Mulyadi, Sabtu 24 Juli 2021, di Kampuang Jua, yang dikutip dari Rakyatterkini.
Ia berharap, kepada pihak pemrintah setempat untuk dapat memikirkan dan mencari solusi terbaik bagi petani di daerah itu.
Sementara ketua kelompok petani di daerah itu, Hirwan menyebutkan pihaknya tidak butuh dengan bibit, dan pupuk dan bantuan bentuk lainya, pihaknya memerlukan saluran irigasi guna mengaliri air ke sawah sawah kelompok yang ia kelola.
“Kelompok dan warga saya sebagai petani di Kampung Jua ini, hanya butuh air untuk sawah. Artinya, saluran irigasi untuk petani mohon diperhatikan. Sehingga petani di daerah ini tidak gagal panen lagi,” kata Mulyadi. 
Sebagai Walikorong Kampung Jua, Mulyadi berharap kepada pemerintah setempat dan pengambil kebijakan, untuk dapat mengatasi permasalahan ini, agar petani kecil di daerah ini dapat keluar dari permasalahan ini.
(***)

Kami Hadir di Google News