Berita

Genjot Kemampuan Petugas Damkar Melalui Pelatihan Memadai

74
×

Genjot Kemampuan Petugas Damkar Melalui Pelatihan Memadai

Sebarkan artikel ini
Rakor Peningkatan Profesionalitas Pemadam Kebakaran
Walikota Pariaman, Genius Umar dan Kadis Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedi Diantolani, saat bersama kadis Satpol PP dan Damkar Kabupaten/Kota se Sumbar, di sela-sela rakor di Pariaman, Rabu (16/12/2020). (ist)

mjnews.id – Personel pemadam kebakaran harus diberikan pelatihan yang memadai. Karena, masalah yang dihadapi oleh personel di lapangan cukup berat, bahkan nyawa tantangannya. Makanya, perlu ditingkatkan kemampuannya dalam menghadapi risiko dalam bertugas.

Demikian dikatakan Walikota Pariaman Genius Umar, usai membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Peningkatan Profesionalitas Pemadam Kebakaran dalam masa pandemi Covid-19 se Sumbar, di Kota Pariaman, Rabu (16/12/2020).

Rakor dihadiri Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar, Propinsi Sumbar, para kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kabupaten/Kota se-Sumbar.

Untuk pelatihan personel pemadam kebakaran, Kota Pariaman siap menyediakan tempat. “Kini terserah pada Dinas Satpol PP dan Damkar Sumbar, untuk tempat pelatihan, Kota Pariaman siap. Banyak tempat yang layak digunakan, seperti GOR di Pauh,” ucapnya.

Sementara itu, kata Genius Umar, koordinasi antar kabupaten/kota perlu ditingkatkan dalam menangani masalah kebakaran, terutama bagi daerah terdekat. Apabila terjadi kebakaran di suatu daerah, personel pemadam kebakaran harus cepat memberikan bantuan.

Dijelaskan, Genius pihak Damkar harus bisa berbuat sebelum kebakaran terjadi. Misalnya, dengan cara pengecekan instalasi listrik di rumah-rumah yang sudah tua. Ingatkan dan ajari masyarakat bagaimana mengantisipasi penanggulangan kebakaran.

Di samping itu, pihak Damkar juga bisa mengedukasi peserta didik di sekolah-sekolah. Dengan mendatangi sekolah tersebut, berikan peserta didik tersebut cara menanggulangi kebakaran dan hal lainnya.

Sementara itu, Kadis Satpol PP dan Damkar Sumbar, Dedy Diantolani mengatakan, melalui Rakor ini akan dilahirkan sebuah kesepakatan dalam penanggulangan bencana, khususnya tentang kebakaran.

Dikatakannya, dimana terjadi kebakaran, pihak yang mengetahui harus membantunya, terutama daerah yang berdekatan.

(sul)

Kami Hadir di Google News