Berita

Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam Punya 25.563 Eksemplar Buku

67
×

Perpustakaan Daerah Kabupaten Agam Punya 25.563 Eksemplar Buku

Sebarkan artikel ini
Perpusda Agam
Sejumlah pegawai Perpustakaan Kabupaten Agam tampak menata perpustakaan. (ist)

mjnews.id – Jumlah koleksi buku dan judul buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda) Kabupaten Agam, dari tahun ke tahun terus mengalami peningkatan.

Hingga saat ini, jumlah koleksi buku di Perpusda Agam mencapai 25.563 eksemplar buku dengan jumlah judul buku sebanyak 8.868.

Kepala Dinas Arsip dan Perpustakaan Kabupaten Agam, M. Arsyid didampingi Kepala Seksi Pelayanan Perpustakaan, Suryani, Sabtu (9/1/2021), menjelaskan, setiap tahunnya koleksi buku di Perpusda Agam terus bertambah.

“Penambahan koleksi buku terakhir pada tahun 2019, pada 2020 ini tidak ada penambahan lantaran pandemi Covid-19,” katanya.

Jumlah koleksi buku saat ini tercatat sebanyak 25.563 eksemplar dengan 10 klasifikasi buku, meliputi karya umum, sastra, keagamaan, sejarah, ilmu terapan, filsafat, kesenian, ilmu sosial, dan sains.

Agar minat baca masyarakat terus meningkat, pihaknya terus berupaya meningkatkan kunjungan ke perpustakaan dengan cara aktif dalam mempromosikan program gemar membaca.

“Di perpustakaan, ada sejumlah penunjang yang mendukung seperti internet dan wifi yang memungkinkan pengunjung dapat mengakses internet,” katanya.

Selain membaca di tempat, koleksi buku yang ada di Perpusda Agam juga bisa dipinjam oleh pengunjung, maksimal 2 buku selama satu minggu tanpa dipungut biaya.

Untuk dapat melakukan pinjaman, tambahnya, pengunjung harus mendaftar menjadi anggota perpustakaan terlebih dahulu.

“Di masa pandemi Covid-19 ini, kunjungan dan pinjaman buku di perpustakaan mengalami penurunan,” katanya.

Semoga Perpusda Kabupaten Agam pada tahun ini bisa menambah koleksi buku dan jumlah eksemplar sehingga dapat menjangkau semua kalangan. Baik anak sekolah, mahasiswa hingga masyarakat umum.

“Harapannya koleksi makin bertambah dan pandemi Covid-19 cepat berakhir, sehingga perpustakaan kembali dikunjungi tanpa perlu khawatir dengan Covid-19,” katanya.

(irm)

Kami Hadir di Google News