Berita

75 Media Siap Bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

94
×

75 Media Siap Bekerjasama dengan Pemkab Tanah Datar

Sebarkan artikel ini
rapat kerjasama antara Pemkab Tanah Datar dengan perusahaan pers
Suasana rapat kerja sama antara Pemkab Tanah Datar dengan perusahaan pers di aula kantor bupati setempat. (ist)

MJNews.id – Berbagai usulan, opini dan tugas-tugas tentang kewartawanan di Tanah Datar berkembang dalam rapat kerja sama media dan PemkabTanah Datar tahun 2021 di aula eksekutif kantor bupati Tanah Datar, Pagaruyung, Selasa (2/2/2021).

Rapat pimpinan perusahaan dari berbagai media yang berdomisili di Luhak Nan Tuo dipimpin langsung Kadinas Kominfo Tanah Datar, Drs.Abrar didampingi Sekretaris Kominfo Mustika Suarman STMT, Kasubag Humas dan protokol Setda Tanah Datar Muharwan, Kabid IKP Yendra Aprilla, seksi media dan jajaran Dinas Kominfo Tanah Datar.

Dalam kesempatan itu Abrar menguraikan syarat-syarat kerjasama media dengan Pemkab Tanah Datar dalam tahun berjalan 2021. Bagi perusahaan pers mengajukan surat penawaran yang telah ditentukan dan bakal dilengkapi, Jumat (19/2) mendatang.

Bagi media yang belum memiliki verifikasi Dewan Pers, buat sementara dapat memasukkan surat pendaftaran verifikasi Dewan Pers. “Ini merupakan persyaratan yang harus dipenuhi perusahaan pers,” tutur Abrar.

Abrar juga mengungkapkan, setiap wartawan yang bertugas di Tanah Datar harus memiliki kartu UKW (Ujian Kompetensi Wartawan). Bagi yang belum memiliki, pemerintah kabupaten akan memfasilitasi rekan wartawan untuk mengikuti UKW.

“Insya Allah tahun 2021 ini, 16 orang wartawan akan diikutkan UKW untuk tahap pertama,” imbuh Kadis Abrar seraya menyebutkan bahwa pelaksanaan publikasi media yang selama ini dikelola Humas dan Protokoler kantor bupati Tanah Datar, mulai 2021 dikelola Kominfo.

Ditambahkannya, bagi perusahaan pers yang bekerjasama dengan pemerintah kabupaten Tanah Datar, wartawannya membuat berita yang konstruktif, bagi wartawan media cetak 150 buah berita, media online 175 berita dan media cetak mingguan 100 buah yang dimulai Januari sampai akhir November 2021.

“Ini merupakan syarat untuk diikutkan studi komperatif di akhir tahun,” kata Kadis Kominfo.

Saat ini, ucap Abrar, Dinas Kominfo Tanah Datar telah mengelola 42 website, satu di antaranya website www.tanahdatar.go.id yang memperoleh penghargaan tingkat Nasional dalam bidang bahasa, frekwensi Siaran LPPL Radio Luhak Nan Tuo 102.5 FM, media videotron dan unit mobil keliling untuk penyampaian informasi kepada masyarakat.

“Cukup membanggakan sejak bupati dan OPD sudah bisa menggunakan tanda tangan elektronik dengan nama aplikasi Si Ape,” sambung Abrar.

Rapat teknis kerja sama antara Kominfo dan perusahaan pers diwakili 75 wartawan dari masing-masing media yang berdomisili di Tanah Datar Luhak Nan Tuo.

(*/mus)

Kami Hadir di Google News