Berita

Peduli Bencana, Rescue FKAN PAUH IX Kuranji, Padang Berikan Bantuan bagi Korban Banjir

117
×

Peduli Bencana, Rescue FKAN PAUH IX Kuranji, Padang Berikan Bantuan bagi Korban Banjir

Sebarkan artikel ini
Peduli Bencana, Rescue FKAN PAUH IX Kuranji, Padang Berikan Bantuan bagi Korban Banjir
Banjir di kawasan Kayu Gadang, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang. (ist)
mjnews.id – Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Padang dari sore hingga malam pada Rabu (8/7/2020), luapan air merendam sejumlah titik. Selain jalanan, kawasan pertanian hingga pemukiman warga air setinggi betis hingga pinggang orang dewasa itu juga merendam kawasan Kayu Gadang.
Mendapat laporan tersebut, Tim Rescue FKAN Pauh IX Kuranji di bawah naungan Ketua Umum Forum Komunikasi Anak Nagari (FKAN) Pauh IX Kuranji, Evi Yandri Rajo Budiman langsung tanggap dengan menurunkan tim. 
Zainatul Kadri selaku Ketua Rescue FKAN PAUH IX, Kecamatan Kuranji mengatakan, peristiwa banjir terjadi di sekitar Kayu Gadang, Kelurahan Pasar Ambacang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang.
“Ada sebanyak 20 rumah yang terendam dengan ketinggian air tidak merata ada yang kapasitas debit air 1 meter hingga sampai 1,4 meter. Banjir diakibatkan karena curah hujan yang sangat tinggi dengan intensitas lama sehingga terjadi luapan air sungai, kemungkinan lainnya akibat tata aliran air dan saluran drainase yang masih kurang bagus,” kata Zainatul Kadri kepada wartawan.
Selain itu, dia mengatakan, diduga adanya toko-toko dan bangunan yang berada di bypass depan SPBU Kayu Gadang.
banjir kayu gadang3
Rescue FKAN PAUH IX membantu warga
“Luapan air itu karena terhalang toko bangunan dan toko-toko lain di depan SPBU Kayu Gadang yang bangunannya berada di permukiman warga (menghalangi aliran) air sungai sehingga meluap ke pemukiman warga di Kayu Gadang,” ulasnya. 
Ya, sementara kita lakukan memberikan bantuan makan siap saji dan langkah ke depan kita upayakan memperbaiki aliran drainase,” tambahnya.
banjir kayu gadang2
Sementara itu, Marjoni warga RT.01 mengatakan, warga yang terkena dampak terdiri 2 RT yaitu Kayu Gadang dan Kabun/Ketapiang yang terlalu dampak banjir di RT.01 ada sebanyak 200 Kepala Keluarga (KK) dan RT.03 ada sebanyak 300 Kepala Keluarga (KK). Akibat curah hujan yang cukup deras sehingga mengakibatkan banjir.
“Kerugian ditaksir mencapai Rp30 juta, karena banjir menyebabkan kulkas rusak parah, TV, perabot dan motor akibat luapan air yang merendam kawasan tersebut,” tutupnya. (nal)

Kami Hadir di Google News