Berita

Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Sumbar, Pemustaka Terbaik 2020 Terima Souvenir

80
×

Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Sumbar, Pemustaka Terbaik 2020 Terima Souvenir

Sebarkan artikel ini
pemustaka terbaik 2020
Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Wardarusmen bersama Duta Baca Sumbar, Mardhiyan Novita MZ, foto bersama dengan pemustaka terbaik 2020. (ist)

mjnews.id – Memperingati Hari Kunjungan Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, memberikan souvenir untuk pemustaka terbaik di 2020. Keberadaan pemustaka tersebut diharapkan mampu meningkatkan minat baca masyarakat di Ranah Minang.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar, Wardarusmen mengatakan, sesuai dengan UU Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan pasal 5 menjelaskan, masyarakat mempunyai hak yang sama untuk memperoleh layanan serta memanfaatkan dan mendayagunakan fasilitas perpustakaan.

“Hari Kunjungan Perpustakaan awalnya diselenggarakan oleh Presiden RI ke-2 Soeharto tepatnya pada tanggal 14 September 1995. Pada saat itu sebenarnya selain disebut sebagai Hari Kunjung Perpustakaan juga dijadikan sebagai gerakan untuk mencanangkan Bulan Gemar membaca yang dicanangkan pada hari yang sama yaitu tanggal 14 September,” sebut Wardarusmen pada peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di perpustakan daerah Sumbar, Senin (14/9/2020).

Dikatakannya, sejak dimulainya Hari Kunjungan Perpustakaan, hampir di semua perpustakaan baik yang berada di pusat ataupun di berbagai daerah setiap tanggal 14 September beramai-ramai merayakan Hari Kunjung Perpustakaan.

Dalam merayakan Hari Kunjung Perpustakaan tersebut beberapa perpustakaan memiliki cara yang berbeda-beda antara perpustakaan yang satu dengan perpustakaan yang lainya. Namun dari berbagai jenis perayaan yang dilakukan, hampir semuanya memiliki tujuan yang sama yaitu untuk mengenalkan sekaligus mengajak supaya masyarakat untuk rajin berkunjung ke perpustakaan.

“Kegiatan ini akan diisi juga oleh Duta Baca Provinsi Sumatera Barat Mardhiyan Novita MZ dengan kegiatan Diskusi Kreatif bersama para pemustaka. Sekaligus penyerahan souvenir kepada pemustaka terbaik tahun 2020. Ayo kita semarakkan bulan September ini dengan berkunjung ke perpustakaan dan membaca koleksi-koleksi yang ada di sini,” sebutnya.

Pada kesempatan itu Wardarusmen mengucapkan selamat Hari Kunjung Perpustakaan dan sekaligus Bulan Gemar Membaca kepada pengunjung perpustakaan.

“Mari kita manfaatkan perpustakaan sebagai pusat pembelajaran sepanjang hayat, (lifelong learning), bahwa proses pendidikan dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja tanpa dibatasi oleh usia. Merdekakan dirimu dari kebodohan dan kemiskinan dengan membaca,” ajaknya.

Peringatan Hari Kunjungan Perpustakaan di Perpustakaan Daerah Sumbar, dilaksanakan sesuai protokol kesehatan. Dimana satu pengunjung berjarak satu sama lainnya. Pengunjung memakai masker, mencuci tangan dan suhu badan diukur oleh petugas.

Sementara, pemustaka terbaik 2020 adalah Raihan, berstatus dosen, Fadrizali (masyarakat umum), M. Mushih Safar (pelajar), Firman AC (umum) dan Jane Ivana Halim (mahasiswi). Masing-masing pemustaka mendapat souvenir dari Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Sumbar. 

Ada pun kriteria pemustaka yang mendapat souvenir, mereka anggota perpusatkaan, berkunjung ke perpustakaan secara kontinyu, rajin meminjam koleksi perpustakaan. Jika meminjam buku tak boleh terlambat mengembalikan buku, tidak mengkilangkan kunci loker, tidak merobek buku dan melanggar aturan yang sudah ada.

(eds)

Kami Hadir di Google News