Berita

Jalan Palupuah Amblas, Jalur Bukittinggi – Pasaman Macet Total

124
×

Jalan Palupuah Amblas, Jalur Bukittinggi – Pasaman Macet Total

Sebarkan artikel ini
Jalan Palupuah Amblas
Badan jalan lintas Sumatera Bukittinggi – Pasaman di Jorong Palupuah, Nagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuah, Kabupaten Agam amblas, pengemudi melewati badan jalan tersebut ekstra hati-hati dengan sistem buka tutup. (Ist)

mjnews.id – Akibat curah hujan tinggi, jalan lintas Sumatera tepatnya dekat kantor PT. Pos Indonesia Palupuh, Kabupaten Agam, amblas, hampir semua badan jalan amblas dan longsoran material jatuh ke sungai. Peristiwa tersebut terjadi, Minggu (20/9/2020) malam.

Dari informasi yang diperoleh melalui Walinagari Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Zul Arfin Dt. Parpatiah, Senin (21/9/2020), jalan amblas sepanjang 50 meter, dan lokasi yang diamankan sekitar 200 meter.

“Terjadi macet total, antrean kendaraan dari arah Bukittinggi saat ini sudah lebih 500 meter. Sedangkan dari arah Medan antrean sudah lebih 1 kilometer,” katanya.

Akibat bencana tersebut, mulai Senin dinihari hingga Senin pagi (21/9), petugas dari TNI dan Polri serta pemerintah kecamatan dan nagari Pasia Laweh sudah berada di lokasi mengamankan lalu lintas,” ungkap Walinagari.

Sementara itu Kapolsek Palupuah melalui Bhabinkamtibmas Nagari Pasia Laweh, Aiptu, Saad Dudin, mengimbau para pegemudi yang melewati badan jalan tersebut, agar berhati-hati, karena saat ini arus Lalin menggunakan sistim buka tutup.

Kondisi badan jalan di Kelok Tusiang Jorong Palupuah tidak seberapa jauh dari Kantor Pos Palupuah itu mulai tanah bergerak 11 hari lalu, karena di sekitar titik longsor dibawah tebing terdapat sungai dan menyebabkan badan jalan retak, dan kemudian terjadi peristiwa amblasnya badan jalan tersebut. Saat ini, katanya, sedang dikerjakan pemasagan batu bronjong. 

Yang melewati ruas jalan Bukittinggi lintas Sumatera itu Minggu (20/9) hingga Senin (21/9), terlihat kendaraan antrian panjang dengan sistem buka tutup lancar terkendali, pengemudi saat melintasi badan jalan retak itu juga ekstra hati-hati.

Walinagari Pasia Laweh mengatakan, badan jalan Bukittinggi – Pasaman di wilayah Nagari Pasia Laweh saja terdapat sekitar 200 titik rawan longsor butuh pemeliharaan, di antaranya di Jorong Palupuah dan Jorong Palimbatan. 

(*/ril)

Kami Hadir di Google News