Berita

Kepala DLH Pessel Ajak Warga Tinggalkan Kebiasaan Bakar Jerami

85
×

Kepala DLH Pessel Ajak Warga Tinggalkan Kebiasaan Bakar Jerami

Sebarkan artikel ini
bakar jerami
Ilustrasi. (Net)

mjnews.id – Pencemaran lingkungan tidak hanya terjadi akibat pembuangan limbah dan sampah sembarangan, tapi juga bisa ditimbulkan oleh kabut asap.

Hal itu disampaikan Plt. Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pesisir Selatan (Pessel), Beny Riswan di Painan, Senin (21/09/2020).

Dia mengatakan bahwa Pessel merupakan daerah pertanian yang memiliki luas lahan terluas di Sumatera Barat (Sumbar).

“Hingga saat ini, sebagian besar petani di daerah ini masih ada yang membiasakan diri membakar jerami setelah panen. Karena bisa mencemari lingkungan, maka kebiasaan ini harus ditinggalkan,” katanya.

Disampaikanya sebagai daerah pertanian, kesadaran masyarakat petani untuk menjaga lingkungan agar terhindar dari pencemaran udara memang juga perlu terus ditingkatkan.

“Sebab jika kebiasaan membakar jerami setelah panen tidak ditinggalkan, pencemaran udara akan masih tetap terjadi di daerah ini. Dari itu lakukanlah penanganan jerami dengan baik dan tidak dibakar,” katanya.

Terkait harapan itu, pihaknya melalui petugas terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat di daerah itu untuk terus meningkatkan kesadaran menjaga lingkungan agar terhindar dari pencemaran.

“Sosialisasi ini juga dilakukan kepada masyarakat petani. Sebab sebagai daerah yang memiliki lahan pertanian dengan tanaman padi yang luas. Potensi pencemaran udara akibat perilaku pembakaran jerami cukup tinggi. Melalui sosialisasi yang dilakukan, sehingga kekawatiran itu bisa diantisipasi. Sebab sangat disayangkan rasanya udara yang sejuk dan bersih kebanggan masyarakat di pedesaan, tercemar akibat pembakaran,” ungkapnya.

Diakuinya penumbuhan kesadaran terhadap pemeliharaan lingkungan butuh waktu dan energi, karena perlu upaya advokasi dan inisiasi dari berbagai pihak, tidak saja pemerintah tetapi juga masyarakat dan komunitas peduli lingkungan.

(man)

Kami Hadir di Google News