Berita

Warga Pabalutan dan Panti Tanah Datar Goro Buka Tali Bandar

76
×

Warga Pabalutan dan Panti Tanah Datar Goro Buka Tali Bandar

Sebarkan artikel ini
Warga Pabalutan dan Panti Tanah Datar Goro Buka Tali Bandar

mjnews.id – Ratusan masyarakat Jorong Pabalutan bersama Jorong Panti, Nagari Rambatan, bergotong royong membuka tali bandar, yang merupakan sumber utama saluran air pada areal persawahan penduduk setempat.

Tali bandar Gunung Sirah dan Pinang Arang itu bisa mengairi ratusan hektare hamparan persawahan milik masyarakat di dua jorong tersebut.

“Tali bandar ini mampu melepaskan petani dari kesulitan air yang selama ini jadi keluhan, karena hamparannya telah jadi sawah tadah hujan,” kata Tokoh Nasyarakat Pabalutan Rapinos bersama Hardiful Dt. Rajo Alam dan Syamsinir Dt. Alang Gumanti.

Ditemui usai goro, Minggu (1/11/2020), Rafinos mengatakan, sedikitnya 100 hektare hamparan persawahan akan mampu dialiri tali bandar ini, dan akan bisa membuat petani ke sawah dengan dua musin tanam.

Katanya, tali bandar Gudang Sirah dan Pinang Aran di Gugun Jorong Panti, di hulunya juga saluran irigasi Nagari Padang Magek.

Ditambahkan Syamsinir Dt. Alang Gumanti, jalur bandar irigasi ini sebetulnya sudah ada sejak lama, namun beberapa tali alirannya terhenti karena pasokan air dari bendungan Batang Bengkawas, tidak mencukupi karena kebutuhan sawah di nagari Padang Magek sehingga tali bandar dibiarkan terbengkalai dan tidak terurus.

(efr)

Kami Hadir di Google News